Search
Close this search box.

Isi Konten

Home » Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi  (“Kebijakan Privasi”) ini mulai berlaku dan diperbaharui sejak tanggal 28 Februari 2024.

Kebijakan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana Kami, PT INFOKES INDONESIA, suatu Perseroan Terbatas yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, berdomisili di Bandung (“Kami” / “Infokes”) memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, menguasai, menggunakan, mengolah, menganalisa, memperbaiki, melakukan pembaruan, menampilkan, mengumumkan, mentransfer, menghapus, memusnahkan, mengungkapkan dan melindungi Data Pribadi (“Memproses Data Pribadi” atau melakukan “Pemrosesan Data Pribadi”) anda sebagai pengguna (“Pengguna”). Adapun definisi dari Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dan diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik. 

Infokes menerapkan kebijakan dan praktik terbaik yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara privasi serta keamanan Data Pribadi Pelanggan  sesuai dengan prinsip perlindungan Data Pribadi dalam sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (sebagaimana didefinisikan di bawah), untuk pemrosesan data terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa Infokes.

Kebijakan Privasi ini berlaku untuk mengatur, antara lain, hak Pelanggan untuk memperoleh perlindungan Data Pribadi serta Kewajiban Kami dalam melindungi Data Pribadi Pelanggan yang Pelanggan sediakan untuk menggunakan Platform aplikasi Kami, yaitu Aplikasi dan Situs Web eClinic (www.eclinic.id), serta penggunaan setiap fitur, layanan, dan produk Kami lainnya yang tersedia dalam Aplikasi dan Situs Web eClinic (untuk selanjutnya secara keseluruhan disebut sebagai“Platform”).: 

  1. Aplikasi eClinic;
  2. Situs Web (www.eclinic.id); dan
  3. fitur, layanan, dan produk Kami lainnya yang tersedia dalam Situs Web atau Aplikasi

(secara keseluruhan selanjutnya disebut sebagai “Platform“). Kecuali diatur pada kebijakan privasi yang terpisah. Perlu dicatat bahwa Data Pribadi yang digunakan dalam Pemrosesan Data Pribadi tidak termasuk Data Pribadi yang telah tersedia di domain publik.

Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan (“Ketentuan Penggunaan”) Kami. Penggunaan Platform dan setiap fitur dan/atau layanan yang tersedia dalam Platform (“Layanan”) merupakan bentuk persetujuan eksplisit Pelanggan terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi tersebut. Oleh karena itu, Pelanggan  perlu untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Pelanggan  memahami sepenuhnya sebelum mengakses, mendaftar, dan/atau menggunakan Platform dan Layanan Kami.


A. Ruang Lingkup Kebijakan Privasi

  1. Kebijakan Privasi ini mengatur Pemrosesan Data Pribadi yang dilakukan oleh Infokes.
  2. Kami dapat mengumpulkan Data Pribadi Pelanggan (termasuk namun tidak terbatas) pada cara-cara berikut:
    1. Ketika  Pelanggan mengunggah, meramban, atau mengakses Aplikasi eClinic;
    2. Ketika Pelanggan meramban atau mengakses Situs Web Aplikasi Kami (www.eclinic.id); dan
    3. Ketika Pelanggan menggunakan setiap fitur, layanan, dan produk Kami lainnya yang tersedia dalam Situs Web atau Aplikasi eClinic.
  3. Apabila Kami meminta Pelanggan untuk memberikan Data Pribadi ketika menggunakan Platform, maka Data Pribadi tersebut  hanya akan digunakan untuk keperluan pemberian Layanan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Pengguna wajib memastikan keakuratan dari isi Data Pribadi tersebut.
  4. Kami berhak untuk sewaktu-waktu mengubah, memperbaiki, menghapus dan menerapkan ketentuan baru atas Kebijakan Privasi ini, yang akan Kami beritahukan kepada Pelanggan, sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh Undang-Undang. Pelanggan diharapkan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui perubahan tersebut.

B. Registrasi

  1. Pelanggan diharuskan melakukan pendaftaran dalam Platform untuk dapat menggunakan fitur – fitur pada Platform.
  2. Untuk melakukan pendaftaran dalam Platform, Pelanggan harus memberikan Data Pribadi yang Kami perlukan sebagaimana tercantum pada Poin C (Data Pribadi) di bawah ini.

C. Data Pribadi

  1. Pelanggan mengetahui dan menyetujui bahwa Kami mengumpulkan Data Pribadi pribadi yang diberikan Pelanggan pada saat Pelanggan membuat akun dan profil maupun pada saat menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam Platform.
  2. Data Pribadi yang wajib diisi oleh Pelanggan saat membuat akun dan profil maupun pada saat menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam di Platform adalah:
    1. Nama petugas fasilitas kesehatan;
    2. Alamat surat elektronik / surel / e-mail;
    3. Nomor telepon genggam;
    4. Nama fasilitas kesehatan yang terafiliasi;
    5. Data pribadi pasien dan demografinya, serta riwayat penyakit;         
    6. Riwayat pengobatan dan hasil pemeriksaan medis serta penunjang medis.
  1. Pelanggan mengetahui dan menyetujui bahwa Kami berhak untuk melakukan verifikasi langsung kepada Pelanggan atau pihak lainnya atas Data Pribadi mengenai data diri yang telah disampaikan Pelanggan melalui Platform.
  2. Dengan menggunakan Platform, Pelanggan menjamin bahwa Data Pribadi yang Pelanggan berikan adalah akurat dan benar. Apabila Data Pribadi yang Pelanggan berikan tersebut ternyata tidak benar, maka Pelanggan wajib untuk segera menginformasikan hal tersebut kepada Kami dan Kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pemberian dan penggunaan Data Pribadi tidak benar tersebut.
  3. Pelanggan memahami bahwa Data Pribadi yang tersedia bagi kami dapat juga mencakup data dan/atau informasi yang dianggap sebagai Rekam Medis berdasarkan Undang-Undang. Sehingga, untuk menjamin perlindungan terhadap data dan/atau informasi yang dapat tergolong sebagai Rekam Medis tersebut, setiap rujukan terhadap “Data Pribadi” dalam Kebijakan Privasi ini juga mencakup data dan/atau informasi yang dianggap sebagai Rekam Medis berdasarkan Undang-Undang.

D. Data Pengunjung

Pelanggan mengetahui dan menyetujui bahwa Platform akan mengumpulkan Data Pribadi tentang penggunaan, termasuk, namun tidak terbatas pada jumlah kunjungan, sumber pengunjung dan aktivitas pengunjung. Data ini kami kumpulkan dan kami gunakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan Pelanggan serta pelayanan Kami.

Kami dapat mengumpulkan dan memberikan data/informasi yang tidak dapat diidentifikasi dalam bentuk agregat kepada afiliasi, partner/mitra bisnis Kami atau pihak ketiga lainnya, di mana data/informasi tersebut tidak melekat atas data Pengguna secara pribadi.


E. Tujuan Penggunaan Data Pribadi

  1. Pelanggan dengan ini memahami dan menyetujui bahwa Data Pribadi yang Pelanggan sediakan akan diproses oleh Infokes untuk dapat memberikan Layanan secara maksimal. Secara khusus, pemrosesan Data Pribadi tersebut bertujuan untuk:
    1. Menyediakan pembuatan resep dan/atau obat-obatan yang berkaitan dengan pelayanan Kami. Sehubungan dengan hal tersebut, kami dapat menyediakan informasi tersebut dengan  pihak ketiga yang akan menyediakan layanan mereka untuk Pelanggan melalui Platform Kami.
    2. Meninjau dan meningkatkan kualitas pelayanan yang Kami sediakan atau kompetensi dan kualifikasi staf profesional Platform. Sehubungan dengan hal tersebut, kami dapat menggunakan dan/atau mengungkapkan informasi kesehatan Pelanggan (sejauh yang diperbolehkan oleh peraturan yang berlaku).
    3. Menanggapi pertanyaan, komentar, dan umpan balik Pelanggan.
    4. Memproses partisipasi Pelanggan dalam setiap kegiatan kontes, permainan, promosi, jajak pendapat maupun survei.
    5. Memahami dan menganalisis pola penggunaan dan penjualan produk dan layanan terkait kebutuhan dan preferensi.
    6. Mengembangkan, meningkatkan dan menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Pelanggan.
    7. Memberikan informasi/mengirimkan e-mail, WhatsApp, dan/atau SMS berisi promosi secara berkala kepada Pelanggan bila terdapat suatu penawaran dan/atau promosi atas produk-produk baru, penawaran khusus, atau informasi lain yang menurut Kami diperlukan oleh Pelanggan.
    8. Menginformasikan kepada Pelanggan mengenai setiap perubahan atau perbaikan dari Platform dan Layanan Kami.
    9. Menggunakan informasi tersebut untuk menghubungi Pelanggan.
    10. Menggunakan dan mengungkapkan informasi ini jika diperlukan bagi tinjauan medis, jasa hukum, dan audit, meliputi penipuan dan pendeteksian penyalahgunaan serta perencanaan dan manajemen bisnis.
    11. Catatan atau dokumentasi internal Kami yang disimpan di server Kami.
    12. Keperluan lainnya selama dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Kami menjamin bahwa Data Pribadi yang Pelanggan diberikan bersifat rahasia dan tidak akan disebarluaskan dan hanya diperuntukkan untuk hal-hal yang telah Pelanggan cantumkan dan Pelanggan setujui dalam Kebijakan Privasi ini. Untuk mencegah adanya pengaksesan yang tidak sah, Kami melakukan tindakan pengamanan fisik, elektronik, dan prosedur manajerial untuk melindungi Data Pribadi Pelanggan.
  2. Informasi kesehatan Pelanggan hanya akan digunakan sehubungan dengan pelayanan Platform dan hal-hal yang telah dicantumkan dan Pelanggan setujui dalam Kebijakan Privasi ini dan Kami hanya akan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pelayanan dalam Platform.
  3. Kami menyimpan Data Pribadi Pelanggan selama Data Pribadi tersebut berhubungan dengan tujuan-tujuan yang dibutuhkan untuk kepentingan pelayanan Kami kepada Pelanggan. Kerahasiaan Data Pribadi Pelanggan tentunya dianggap rahasia dan tidak akan disebarluaskan kecuali apabila telah disetujui oleh Pelanggan berdasarkan Kebijakan Privasi ini atau diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Pelanggan memiliki hak untuk menghapus atau mengajukan permohonan penghapusan Data Pribadi oleh Kami. Pelanggan dapat memperbaharui, menambahkan atau menghapus Data Pribadi lebih detail dari akun Pelanggan, misal: hak akses, selama berlangganan produk Kami.
  5. Guna meningkatkan pelayanan atau dalam hal kami diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami mungkin dapat menggunakan jasa pihak ketiga dalam memberikan Layanan kepada Pelanggan. Oleh karenanya, dengan menggunakan Platform, Pelanggan juga menyetujui untuk mengizinkan pihak ketiga tertentu untuk menggunakan Data Pribadi Pelanggan untuk memberikan Pelanggan informasi mengenai barang dan jasa yang Pelanggan perlukan. Pihak ketiga tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    1. Mitra perusahaan asuransi Pelanggan yang akan membutuhkan bukti pelayanan yang telah diberikan dan/atau sebuah laporan medis sebelum dilakukan pembayaran kepada Platform atau jika mereka memerlukan untuk otorisasi layanan atau rujukan.
    2. Penyedia layanan pihak ketiga yang telah memberikan layanan kepada Pelanggan (contoh integrasi dengan Laboratory Information System, dll) untuk mendapatkan hasil pemeriksaan atau untuk kepentingan penerbitan invoice.
    3. Perusahaan penyedia layanan terkait teknologi informasi (TI) seperti layanan infrastruktur, komputasi awan (cloud computing), perangkat lunak, pengembangan analisa “Big Data” dan “Machine Learning”, termasuk didalamnya layanan untuk melakukan “Cleansing Data”, “Data Insight”, “Credit Scoring” dan lain-lain.
    4. Perusahaan penyedia jasa pemrosesan transaksi pembayaran yang meliputi penyelenggara payment gateway, transfer dana, dompet elektronik, dan penyelenggara jasa sistem pembayaran lainnya terkait transaksi yang dilakukan dalam Platform.
    5. Perusahaan penyedia layanan lain maupun mitra Kami yang terkait dengan fitur, produk dan layanan yang ditawarkan dalam Platform.
    6. Penasihat profesional dan auditor eksternal Infokes, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan dan konsultan lainnya.
    7. Otoritas pemerintah, baik di dalam maupun di luar yurisdiksi Negara Republik Indonesia sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    8. Pihak-pihak lainnya selama dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 

F. Hak-Hak Pemilik Data Pribadi 

Hak Pelanggan sebagai Subjek Data Pribadi adalah sebagai berikut: 

  1. Mendapatkan  Informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi, dan akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi.
  2. Melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
  3. Mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi Pelanggan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  4. Mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pelanggan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  5. Menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi Pelanggan yang telah diberikan kepada Kami.
  6. Mengajukan keberatan atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pemrofilan, yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada Pelanggan.
  7. Menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
  8. Menggugat dan menerima ganti rugi atas pelanggaran pemrosesan Data Pribadi Pelanggan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  9. Mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi Pelanggan dari Kami dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik.
  10. Menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi Pelanggan ke pengendali data pribadi lainnya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai dengan prinsip pelindungan data pribadi berdasarkan Undang-Undang.

Dalam rangka menjalankan ketentuan Undang-Undang, hak-hak Pelanggan di atas dapat dikecualikan untuk kepentingan berikut: 

  1. Kepentingan pertahanan dan keamanan nasional;
  2. Kepentingan proses penegakan hukum; 
  3. Kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara; 
  4. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan negara; atau
  5. Kepentingan statistik dan penelitian ilmiah.

G. Koneksi Pelanggan Ke Platform Lain

  1. Platform dapat memuat tautan menuju platform milik pihak ketiga (“Platform Pihak Ketiga”) dan konten pihak ketiga (“Konten Pihak Ketiga”). Penggunaan Pelanggan atas tautan menuju Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga tersebut didasarkan atas kebijaksanaan Pelanggan sendiri. Ketika Pelanggan menggunakan tautan menuju Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga, Kami tidak bertanggung jawab untuk melindungi privasi dan Data Pribadi apapun yang Pelanggan berikan ketika mengunjungi Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga tersebut. Kami juga tidak bertanggung jawab atas setiap Data Pribadi yang terdapat pada Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga, termasuk dampak yang ditimbulkan akibat mengakses Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga. Pelanggan harus mempelajari dan membaca dengan hati-hati kebijakan penanganan Data Pribadi yang berlaku di Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga.
  2. Kami menyediakan tautan menuju Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga hanya untuk kenyamanan Pelanggan semata dan hal tersebut tidak dapat ditafsirkan sebagai dukungan, adopsi, sponsor, afiliasi antara Kami dengan Platform Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga.
 

H. Hukum yang Berlaku

Kebijakan Privasi ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan yurisdiksi hukum Negara Republik Indonesia dan Pelanggan diwajibkan tunduk kepada semua peraturan yang berlaku di Indonesia. Pelanggan setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Kebijakan Privasi ini akan diselesaikan secara eksklusif melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) di Jakarta berdasarkan aturan Arbitrase Indonesia yang mengikat dan bersifat final.


I. Upaya Pengamanan

  1. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa Data Pribadi yang Pelanggan berikan kepada Kami aman dan tidak dapat digunakan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Dengan menggunakan Platform, Pelanggan mengizinkan Kami untuk melakukan segala tindakan yang Kami anggap perlu untuk melindungi Data Pribadi Pelanggan yang Kami kumpulkan secara daring untuk mencegah akses tidak sah. Namun demikian, mohon diperhatikan bahwa Kami tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan tersebut dan tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk namun tidak terbatas atas kehilangan data yang terjadi dari insiden di luar kendali Kami. Dalam hal terdapat kegagalan atas perlindungan Data Pribadi Pelanggan, Kami akan segera memberikan pemberitahuan kepada Pelanggan sesuai dengan jangka waktu dan prosedur sebagaimana ditetapkan oleh Undang-Undang. Oleh karena itu, Pelanggan harus selalu memperbarui kata sandi secara berkala serta tidak mengungkapkan kata sandi Pelanggan kepada pihak lain manapun. Dalam hal Pelanggan gagal menjaga kerahasiaan data pribadinya, maka Infokes tidak dapat menjamin keamanan data pribadi Pelanggan. Walau demikian, Infokes akan melakukan upaya terbaik dapat menjaga data pribadi Pelanggan dan memberikan Layanan kepada Pelanggan. 
  2. Pelanggan dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Kami bahwa Kami dapat mengirimkan, menyimpan, menggunakan dan mengolah Data Pribadi pada server yang terletak di pusat data yang ditunjuk oleh Kami. Pusat data tersebut dapat dikelola oleh pihak ketiga. Meskipun demikian, Pemrosesan informasi dan Data Pribadi sehubungan dengan penggunaan Platform akan terus diatur oleh Kebijakan Privasi ini sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Pelanggan setuju dan memahami bahwa Data Pribadi Pelanggan dapat dikelola, diproses, dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami yang berlokasi di luar wilayah Indonesia yang memiliki tingkat perlindungan data pribadi yang setara ataupun lebih tinggi daripada standar perlindungan data pribadi di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, Infokes akan menggunakan upaya terbaiknya untuk memastikan agar setiap pihak ketiga tersebut menerapkan standar perlindungan data pribadi yang setidaknya setara dengan hak perlindungan sesuai standar perlindungan data pribadi di Indonesia. 
  3.  Kami akan menyimpan informasi dan Data Pribadi Pelanggan sekurang-kurangnya hingga ada permintaan khusus untuk menghapus akun Pelanggan atau sampai dengan berakhirnya jangka waktu yang ditentukan di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

J. Pertanyaan, keluhan, dan kontak

Jika Pelanggan memiliki pertanyaan tentang kebijakan privasi ini, peraturan-peraturan Kami, hak Pelanggan, dan hubungan Pelanggan dengan Platform, silakan mengirim surat elektronik kepada Kami melalui [email protected].


K. Referensi 

Ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini telah disiapkan berdasarkan ketentuan beberapa undang-undang yang berlaku di Indonesia, antara lain: 

  • Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi;
  • Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, sebagaimana diubah terakhir oleh Undang-Undang No. 1 Tahun 2024;
  • Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik; dan
  • Peraturan Menteri Kesehatan No. 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis.

Dengan ini saya telah membaca, mengetahui, dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui Infokes dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi saya.