Search
Close this search box.

Isi Konten

e-prescription resep elektronik
Home » Bisnis » Manfaat Peresepan Elektronik atau E-Prescribing

Isi Konten

Manfaat Peresepan Elektronik atau E-Prescribing

Pemberian obat kepada pasien merupakan salah satu pelayanan kesehatan penting yang dilakukan oleh klinik kepada pasien. Namun, pada beberapa kasus, kerap kali dijumpai kesalahan dalam proses pemberian resep hingga terjadi kegagalan dalam proses pengobatan pasien. Kondisi kesalahan ini disebut dengan medication error. Medication error berpotensi menimbulkan kerugian seperti penerimaan obat yang salah, pemberian dosis yang kurang tepat, hingga terjadi efek samping obat yang tidak diinginkan oleh pasien.  

Di era serba digital ini, permasalahan mengenai kesalahan pemberian obat atau medication error dapat diatasi dengan penggunaan peresepan elektronik atau e-prescribing. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu e-prescribing beserta manfaat dan keunggulannya.

 

Apa itu Peresepan Elektronik atau E-Prescribing?

Peresepan Elektronik yang juga dikenal dengan istilah E-Prescribing atau E-Resep adalah sistem peresepan dengan menggunakan perangkat lunak (software) yang didesain untuk mempermudah pelayanan peresepan obat mulai dari tahap  prescribing (penulisan resep), tahap transcribing (pembacaan resep untuk proses dispensing), tahap dispensing (penyiapan hingga penyerahan resep oleh petugas), tahap administrasi obat (proses penggunaan obat) dan proses monitoring.

Sistem e-prescribing ini merupakan sistem yang dapat menggantikan peresepan obat secara konvensional yakni penulisan resep obat oleh dokter menggunakan kertas. Dengan menggunakan sistem komputerisasi, e-prescribing dapat menghubungkan berbagai informasi antara dokter, alat pembuat resep elektronik, apotek, hingga bagian keuangan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Hal ini akan memangkas waktu pelayanan karena peresepan dilakukan tidak melalui kertas dan dapat diimplementasikan ke dalam alur kerja yang efisien. Berikut ini merupakan manfaat dan keunggulan dari peresepan melalui e-prescribing dibandingkan dengan peresepan secara konvensional. 

 

Manfaat dan Keunggulan E-Prescribing

E-Prescribing memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak, mulai dari dokter yang meresepkan obat hingga apoteker yang memberikan obatnya kepada pasien.

Mencegah risiko human error

Aspek penting yang menjadi keunggulan e-prescribing adalah dapat mengurangi resiko human error seperti kesalahan dalam penulisan resep oleh dokter maupun kesalahan pembacaan resep obat oleh apoteker. Penggunaan software dapat memudahkan dokter menuliskan nama obat dan dosis obat dengan jelas dan tepat sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh bagian pelayanan apoteker. 

Mempercepat penginputan data

Penggunaan e-prescribing akan mempermudah dalam proses administrasi penginputan data obat. Selain itu, dokter dan apoteker juga dapat mengetahui riwayat penggunaan obat pasien sebelumnya sehingga dapat mendukung keputusan medis yang tepat dengan peresepan obat yang benar dan lengkap.

Menghemat waktu pelayanan dan sumber daya

Pada peresepan konvensional dengan kertas, sering terjadi kesalahan penulisan resep sehingga dapat menyebabkan pengulangan penulisan. Hal ini akan memakan waktu pelayanan lebih lama dan banyak membuang kertas. Dengan menggunakan e-prescribing, dokter dan apoteker di klinik akan lebih banyak menghemat waktu dan sumber daya. Selain itu, penggunaan e-prescribing juga tidak mengganggu alur kerja tenaga kesehatan sehingga pelayanan menjadi lebih efisien

Meningkatkan keamanan obat (medication safety)

Manfaat dan keunggulan penting lainnya dari penggunaan e-prescribing adalah sistem ini dapat meningkatkan tingkat medication safety atau tingkat keamanan obat yang diberikan kepada pasien karena e-prescribing dapat meningkatkan keterbacaan resep, mengurangi waktu yang diperlukan untuk meresepkan obat, mengurangi kesalahan pemberian obat, mengurangi efek samping obat, dan peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan.

Meningkatkan kepatuhan pasien 

Tidak kalah penting, penggunaan e-prescribing juga dapat meningkatkan kepatuhan pengobatan pasien, menurunkan jumlah kunjungan ke faskes rujukan dan mengurangi pengeluaran apotek untuk obat-obatan. Oleh karenanya, e-prescribing dapat dijadikan sebagai alat yang dapat meningkatkan upaya sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan hasil perkembangan pasien. 

 

Begitu banyak manfaat dan keunggulan penggunaan e-prescribing jika dibandingkan dengan penggunaan resep secara konvensional, terutama dalam mengurangi medication error. Klinik dapat menerapkan sistem e-prescribing yang dimiliki oleh SIM Klinik yang andal dan profesional. SIM Klinik yang memiliki fitur e-prescribing atau peresepan obat secara elektronik untuk klinik Anda adalah eClinic. 

eClinic merupakan SIM Klinik terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik seperti:

  1. Membantu manajemen klinik
  2. Penggunaan rekam medis elektronik (sesuai dengan standar Permenkes No. 24 Tahun 2022)
  3. Terkoneksi dengan BPJS Kesehatan dan SATU SEHAT
  4. Sistem berbasis cloud professional 
  5. Terintegrasi dengan aplikasi Klinisia untuk booking online pasien

 

Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS.

“Study: E-Prescribing Shown to Improve Outcomes and Save Healthcare System Billions of Dollars” Diakses pada 2023. Surescripts.

Gandhi, et al., “Outpatient Prescribing Errors and the Impact of Computerized Prescribing” Journal of General Internal Medicine, Vol. 20, No. 9, (2005): 837-841.

Hahn, Annie & Annesha Lovett. “Electronic Prescribing: An Examination of Cost Effectiveness, Clinician Adoption and Limitations” Universal Journal of Clinical Medicine, Vol. 2, No 1 (2014): 1-24.

Kannry, Joseph. “Effect of E-Prescribing Systems on  Patient Safety” Mount Sinai Journal of Medicine, Vol. 78 (2011): 827–833.

Sabila, Fidya Cahya et. al, “Peresepan Elektronik (E-Prescribing) Dalam Menurunkan Kesalahan Penulisan Resep” Majority, Vol. 7, No. 3 (2018):  271-275.

Susilawati, Helfy & Tri Arif Wiharso. “E-Prescription: Connecting Patients’ Prescriptions with Pharmacists and Cashiers” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 7 No. 1 (2021): 25-31.

- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!