Search
Close this search box.

Isi Konten

PCare BPJS
Home » Bisnis » Apa itu PCare BPJS? Cara Daftar dan Manfaatnya

Isi Konten

Apa itu PCare BPJS? Cara Daftar dan Manfaatnya

Kerjasama antara klinik dan BPJS Kesehatan banyak mendatangkan manfaat baik bagi pasien maupun klinik beserta tenaga medisnya. Salah satu bentuk kerjasama antara klinik dan BPJS adalah dengan adanya konektivitas antara klinik dengan PCare BPJS. Nah, apa itu PCare BPJS? Yuk kita simak apa itu PCare dan bagaimana cara penggunaannya. 

 

Apa itu PCare BPJS?

PCare merupakan singkatan dari Primary Care, yakni aplikasi khusus yang dikembangkan oleh BPJS untuk memudahkan pasien dalam mengakses FKTP seperti klinik, puskesmas, dan praktek dokter pribadi. Melalui penggunaan PCare, masyarakat atau pasien dapat memperoleh kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan tingkat pertama seperti mengetahui informasi layanan kesehatan, melakukan pendaftaran ke faskes yang dituju, memperoleh layanan laboratorium, mengajukan pengobatan, mencari faskes terdekat, hingga mengecek informasi iuran kepesertaan BPJS. 

 

Cara Daftar dan Penggunaan PCare BPJS

Bagi pengguna yang akan menggunakan layanan PCare BPJS, langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan dan melakukan pendaftaran untuk mendapatkan akses username dan password. 

Setelah itu untuk lebih detailnya, pengguna dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar dan menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan

  1. Unduh aplikasi PCare di Google Playstore atau kunjungi situs resmi PCare BPJS Kesehatan http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id 
  2. Masukkan username dan password yang telah didapatkan melalui registrasi di kantor BPJS Kesehatan 
  3. Silahkan pilih menu “Pelayanan” PCare dapat untuk mendapatkan sejumlah fasilitas BPJS Kesehatan 
  4. Pilih antara menu “Pendaftaran” dan “Pelayanan” sesuai dengan ketentuan pengguna. 
  5. Jika tujuan pengguna adalah untuk berobat, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS peserta kemudian klik “cari”. Jika pengguna merupakan pasien yang sudah terdaftar maka identitas pasien tersebut akan muncul secara otomatis
  6. Lengkapi  jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan lainnya kemudian klik simpan. 
  7. Apabila tujuan pengguna untuk entri data, pilih menu pelayanan. Pada bagian ini pengguna diminta untuk mengisi kolom-kolom yang kosong, seperti kolom terapi dan diagnosis kemudian klik simpan. 
  8. Tahap entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pun selesai.

 

Manfaat PCare BPJS?

Berikut ini manfaat yang dapat dirasakan melalui aplikasi PCare BPJS. 

  1. Diagnosis Pasien lebih cepat 

Terhubungnya klinik dengan sistem PCare BPJS dapat membuat pasien lebih mudah untuk dilakukan diagnosis karena riwayat kesehatan pasien sudah tersimpan dalam sistem rekam medis. Oleh karenanya tidak perlu melakukan pengecekan ulang kondisi kesehatan sehingga proses pemeriksaan menjadi lebih cepat. 

 

  1. Proses Pendaftaran Efisien

PCare BPJS dapat membuat proses pendaftaran pasien menjadi semakin mudah. Dengan menggunakan antrian secara digital, maka pasien tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. 

 

  1. Data Pasien Terintegrasi 

Data pasien seperti data pengobatan, riwayat kesehatan, dan rujukan dapat terintegrasi dalam sistem PCare BPJS yang terintegrasi dengan layanan atau fitur lainnya sehingga mudah untuk diakses. 

 

  1. Proses Rujukan Lebih Mudah 

Melalui sistem PCare BPJS, pasien yang dirujuk ke rumah sakit ataupun laboratorium akan lebih mudah. Oleh karenanya, hal ini sangat penting bagi pasien yang menggunakan fasilitas BPJS di FKTP untuk mendapatkan surat rujukan ke FKRTL.

Dalam memudahkan klinik Anda mengelola sistem manajemen yang terhubung dengan PCare BPJS, klinik Anda dapat memanfaatkan platform yang terhubung langsung dengan PCare BPJS agar pelayanan menjadi semakin efisien. eClinic merupakan software yang menyediakan konektivitas dengan BPJS. Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS.

 

“Apa Itu PCare BPJS Kesehatan? Simak Penjelasan, Manfaat dan Cara Daftarnya” Diakses pada 2 Maret 2023. Detik.com

“Cara Daftar dan Penggunaan Layanan PCare BPJS Kesehatan” Diakses pada 2 Maret 2023. CNBC Indonesia

“Cara Gunakan PCare BPJS Kesehatan” Diakses pada 2 Maret 2023. Indonesia.go.id

- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!