Search
Close this search box.

Isi Konten

branding klinik
Home » Bisnis » Strategi Membangun Branding Klinik

Isi Konten

Strategi Membangun Branding Klinik

Membangun branding yang kuat untuk sebuah bisnis klinik menjadi salah satu fondasi jangka panjang untuk stabilitas bisnis klinik yang beroperasi. Penguatan branding dapat meningkatkan visibilitas klinik Anda kepada jangkauan yang lebih luas. Branding diperlukan untuk menciptakan citra yang baik dan berkesan dari klinik Anda kepada pasien dan calon pasien. Penciptaan branding klinik dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek yakni kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat klinik Anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan klinik. 

Pemilik klinik perlu menerapkan strategi branding yang tepat agar pesan yang disampaikan oleh klinik kepada calon konsumen dapat diterima dengan mudah. Berikut ini merupakan strategi branding yang dapat diterapkan untuk bisnis klinik Anda. 

 

 

Gunakan media sosial

Tren media sosial sasat ini telah menjangkau target pasar yang luas bagi bisnis kesehatan, tak terkecuali klinik. Klinik Anda dapat menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok, ataupun Twitter untuk memberikan informasi terkait klinik Anda sekaligus memberikan edukasi terkait kesehatan. Dengan menggunakan sosial media, semakin banyak target yang dijangkau dan semakin besar peluang untuk menjaring lead (orang yang memiliki ketertarikan terhadap layanan yang ditawarkan). Selain itu, keuntungan lain menggunakan media sosial adalah klinik tidak perlu merogoh kocek besar untuk melakukan iklan di media tradisional atau media massa. 

 

 

Lakukan riset pasar

Riset pasar merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis kelayakan suatu produk dari bisnisnya untuk dipasarkan kepada masyarakat. Dalam kata lain, riset pasar bertujuan untuk mencari tau target pemasaran dan menentukan target konsumen yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Klinik dapat melakukan analisis untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang akan menjadi target pemasaran. Hal ini penting untuk bisa menyesuaikan produk pelayanan di klinik Anda dengan minat dari konsumen.

Anda dapat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan riset pasar dan menganalisis sentimen konsumen terhadap klinik. Selain melakukan pencarian di media sosial—seperti Twitter—menggunakan kata kunci atau nama brand pesaing, pertimbangkan untuk memeriksa pesan yang masuk ke media sosial klinik Anda. Ini dapat menjadi peluang besar bagi tim media sosial untuk mengumpulkan umpan balik bersama tim penjualan atau customer service.

 

 

Buat konten yang menarik

Penggunaan media sosial sebagai platform branding klinik dapat dimaksimalkan dengan adanya konten-konten yang menarik. Klinik dapat membuat marketing campaign dengan menyuguhkan konten-konten unik yang diposting melalui akun media sosial klinik. Sebelum melakukan itu, klinik juga harus memiliki perencanaan konten yang matang agar lebih mudah mencapai target market dan mencapai tujuan bisnis. Klinik dapat menyajikan konten yang bersifat informatif dan edukatif terkait kesehatan. Selain itu, klinik juga dapat menampilkan produk/pelayanan kesehatan yang ditawarkan sehingga target pasar dapat mengetahui keunggulan klinik Anda. Sebagai contoh, pada klinik gigi, Anda bisa menampilkan postingan aktivitas terkait pelayanan gigi, misalnya foto proses pemasangan gigi palsu. 

 

 

Manfaatkan Website 

Strategi lain untuk meningkatkan aktivitas branding adalah dengan membuat website untuk klinik Anda yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Pembuatan website resmi untuk klinik Anda juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan penggunaan website, bisnis klinik akan terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan kredibilitas di mata calon pelanggan untuk melakukan transaksi di klinik Anda. Jangan lupa untuk menampilkan paket pelayanan yang ditawarkan oleh klinik Anda dan berbagai promo dan diskon menarik lainnya.

 

 

Membuat pesan brand yang kuat dan konsisten 

Klinik Anda dapat membuat slogan singkat namun mudah disampaikan dan diingat oleh masyarakat agar strategi branding lebih efektif. Anda dapat membuat pesan yang berkaitan dengan klinik Anda dengan menunjukkan nilai dari klinik Anda. Gunakan pesan tersebut secara konsisten di berbagai saluran, misalnya brosur, publikasi konten media sosial, dan situs website klinik. Konsistensi menjaga pesan brand ini dapat mencapai keberhasilan dan dapat membuat konsumen lebih mengingat dan mengenali klinik Anda dengan cepat. 

Branding yang kuat dapat didukung dengan penerapan operasionalisasi manajemen klinik yang baik agar bisnis klinik Anda dapat semakin maksimal dalam meningkatkan pendapatan. Dalam melakukan operasionalisasi manajemen klinik, Anda dapat menggunakan software atau Sistem Informasi Manajemen (SIM) klinik.

eClinic memiliki berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik Anda seperti:

  1. Membantu manajemen klinik
  2. Penggunaan rekam medis elektronik (sesuai dengan standar Permenkes No. 24 Tahun 2022)
  3. Terkoneksi dengan BPJS Kesehatan dan SATU SEHAT
  4. Sistem berbasis cloud professional 
  5. Terintegrasi dengan aplikasi klinisia untuk booking online pasien

 

Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS.

15 Strategi Branding yang Bisa Membuat Brand Anda Terkenal!” Diakses pada 21 Maret 2023. Gramedia.

5 Tips Meningkatkan Social Media Branding yang Efektif” Diakses pada 21 Maret 2023. Inmarketing.

“Tujuan Riset Pasar untuk Tarik Pelanggan, Ini Tips Melakukannya” Diakses pada 23 Maret 2023. SIRCLO. 

- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!