Search
Close this search box.

Isi Konten

Tips Memilih Aplikasi SIM Klinik yang Tepat
Home » Aplikasi » Tips Memilih Aplikasi SIM Klinik Yang Tepat, Mudah Digunakan dan Terintegrasi

Isi Konten

Tips Memilih Aplikasi SIM Klinik Yang Tepat, Mudah Digunakan dan Terintegrasi

Menjalankan bisnis klinik membutuhkan upaya yang konsisten untuk menjadikan bisnisnya stabil dan efisien secara operasional. Salah satu hal yang dapat dilakukan klinik untuk menjaga stabilitas pelayanan operasional di klinik adalah dengan menggunakan teknologi digital untuk memudahkan manajemen klinik melalui penggunaan aplikasi atau software klinik. Penggunaan aplikasi klinik akan melengkapi bisnis klinik Anda dan membuat pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi lebih efisien dan dapat memaksimalkan bisnis yang Anda jalankan.

 

Pengertian Aplikasi Klinik 

Bagi klinik yang belum menggunakan aplikasi klinik untuk menjalankan operasionalisasi kliniknya mungkin pernah mengalami kesulitan dalam mengelola data pasien, manajemen resep serta masalah-masalah lain. Penggunaan aplikasi dapat membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan baik. Aplikasi klinik dapat diartikan sebagai sistem informasi manajemen (SIM) klinik yakni sistem komputerisasi yang dapat menyimpan, mengumpulkan, mengintegrasikan, dan mengelola data yang dimiliki klinik untuk mendukung manajemen layanan operasional klinik dan membuat keputusan klinik menjadi lebih mudah. Nah dari sini kita dapat memahami bahwa aplikasi klinik adalah aplikasi atau sistem informasi yang dapat mengoptimalkan manajemen operasional klinik sehingga klinik dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. 

 

Manfaat Aplikasi Klinik

Melalui penggunaan aplikasi SIM klinik, Anda dapat menerima sejumlah manfaat yang dapat berimplikasi baik pada optimalisasi pelayanan di klinik Anda. Apa saja manfaat yang didapatkan jika menggunakan aplikasi klinik? Yuk simak informasinya berikut. 

 

  1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja

Penggunaan sistem informasi manajemen klinik dapat membuat klinik Anda menjadi lebih praktis tanpa ribet mengelola klinik Anda. Aplikasi SIM Klinik dapat membantu klinik untuk mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual oleh dokter atau perawat sehingga dokter atau perawat dapat berfokus pada pemberian pelayanan pasien. 

  1. Meningkatkan Produktivitas Klinik

Penggunaan aplikasi klinik dapat membantu memonitor bisnis dan pasien secara realtime melalui dashboard yang tersedia. Hal ini dapat membantu Anda memantau perkembangan bisnis dan terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas klinik Anda.

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan

Aplikasi klinik membantu klinik untuk memberikan pelayanan secara cepat, akurat, dan terintegrasi. Dengan begitu, pelayanan yang diberikan oleh dokter ataupun petugas klinik dapat menjadi lebih optimal. 

  1. Meningkatkan keamanan data

Keamanan data pasien menjadi perhatian yang tidak luput dari kekhawatiran pemilik klinik. Aplikasi klinik biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan data yang ketat untuk dapat melindungi data pasien dan klinik. 

  1. Menunjukkan Kepatuhan terhadap Regulasi Pemerintah

Saat ini pemerintah mewajibkan penyelenggaraan rekam medis elektronik paling lambat pada Desember 2023 sebagaimana tertuang dalam Permenkes No 24 tahun 2022. Selain itu, pemerintah juga sedang mengupayakan agar data faskes terhubung dengan SATU SEHAT. Aplikasi klinik telah menggunakan rekam medis elektronik dan terhubung dengan SATU SEHAT sebagaimana diwajibkan oleh pemerintah. 

 

Perbandingan dan Tips memilih Aplikasi Klinik 

Bagi Anda yang tertarik menggunakan aplikasi klinik, Anda dapat membandingkan aplikasi klinik dengan memperhatikan beberapa faktor berikut untuk menentukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan klinik Anda. 

 

  1. Pertimbangkan kebutuhan klinik Anda

Anda dapat membuat daftar kebutuhan untuk klinik Anda kemudian pilihlah aplikasi yang memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan klinik.

  1. Pertimbangkan Harga 

Anda dapat memilih aplikasi SIM Klinik dengan mempertimbangkan harga yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan klinik Anda. Bandingkan beberapa SIM Klinik dan dapatkan penawaran harga yang sesuai dengan fitur-fitur terbaik yang didapatkan.

  1. Pertimbangkan Keamanan Data 

Membandingkan aplikasi berdasarkan kemampuan keamanan data menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Pastikan Anda memilih aplikasi SIM Klinik yang dapat menjamin  tingkat keamanan yang memadai, terenkripsi, dan tidak memungkinkan adanya serangan siber

  1. Pertimbangkan kemudahan penggunaan 

Pemilihan penggunaan aplikasi SIM Klinik wajib mempertimbangkan kemudahan dalam penggunaan aplikasi. Pastikan Anda memilih aplikasi yang user friendly dan mudah digunakan oleh dokter maupun staf klinik Anda. 

  1. Integrasi dengan layanan lain

Integrasi layanan dapat meningkatkan efisiensi pengolahan data dan menghindari kesalahan input data. Pilihlah aplikasi yang memiliki fitur integrasi dengan layanan lain seperti PCare BPJS, i-Care BPJS, dan SATU SEHAT Kemenkes. 

  1. Mendukung Akreditasi Klinik 

Pemerintah melalui Permenkes No 34 Tahun 2022 telah mewajibkan setiap faskes untuk melakukan akreditasi secara paripurna. Pastikan Anda memilih aplikasi klinik yang memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung proses akreditasi klinik Anda. 

 

Rekomendasi Aplikasi Klinik 

Anda tidak harus membuat aplikasi atau software tersendiri untuk mendapatkan manfaat efisiensi operasional klinik Anda. Kami memberikan rekomendasi aplikasi klinik yang dapat memudahkan operasionalisasi klinik Anda dengan fitur-fitur yang unggul dan lengkap yakni eClinic. eClinic hadir sebagai aplikasi SIM klinik yang dapat memudahkan operasionalisasi klinik dan memaksimalkan pelayanan kesehatan di klinik Anda secara digital. 

 

Fitur-fitur eClinic 

Berikut ini sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan oleh eClinic yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih aplikasi SIM Klinik.

 

  1. Menyediakan Rekam Medis Elektronik (RME) 

Per Desember 2023, seluruh faskes harus menyelenggarakan rekam medis secara elektronik sebagaimana tertuang dalam Permenkes 24 tahun 2022. Upaya ini didukung oleh eClinic sebagai penyedia RME yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah. 

  1. Mendukung akreditasi klinik

Melalui akreditasi, klinik Anda dapat memenuhi standar mutu sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, meningkatkan manajemen resiko, dan meningkatkan daya saing klinik di masyarakat. eClinic hadir dengan fitur-fitur yang mendukung klinik Anda melakukan proses akreditasi. 

  1. Dapat terintegrasi dengan BPJS PCare 

PCare adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus oleh BPJS untuk memberikan kemudahan bagi pasien dalam mencari pelayanan di FKTP seperti klinik, puskesmas, dan praktek dokter swasta. Dengan adanya integrasi SIM Klinik dan PCare, Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam memberikan pelayanan dan pelaporan klinik. 

  1. Dapat terintegrasi dengan i-Care JKN

eClinic dapat terintegrasi dengan fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Adanya integrasi ini dapat mempermudah pelayanan klinik terutama dokter dalam melihat riwayat penyakit atau diagnosa pasien dan riwayat pemberian obat pasien BPJS. 

  1. Manajemen resep digital (e-prescribing)

Melalui penggunaan resep digital, Anda dapat dengan mudah mengakses catatan medis pasien serta riwayat pengobatannya dan mengirimkan resep secara elektronik ke apotek.  Manajemen resep digital ini juga mengurangi risiko kesalahan manusia yang mungkin terjadi dalam resep tulis tangan. 

  1. Menjamin keamanan data pasien

Tidak perlu khawatir dengan keamanan data pasien karena eClinic telah menggunakan penyimpanan data cloud yang terenkripsi dengan sangat rahasia. Selain itu, eClinic telah memenuhi standar keamanan ISO 27001 dan sudah terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di PSE Kominfo.

  1. Mendukung Kelola janji temu pasien

Melalui integrasi dengan Mobile app eClinic yakni Klinisia, Anda tidak perlu repot untuk mengurus sistem antrian ataupun mengelola janji pasien. Pasien dapat menggunakan fitur booking janji secara online sehingga dapat meningkatkan efisiensi klinik melalui penjadwalan yang teratur dan sistematis. 

 

Selain keunggulan-keunggulan di atas, eClinic juga menghadirkan fitur dan layanan lain yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda serta mendukung digitalisasi ekosistem kesehatan terutama di klinik. 

Tidak ada referensi
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.