Search
Close this search box.

Isi Konten

Cara menambah pasien klinik
Home » Bisnis » Tips Meningkatkan Volume Pasien ke Klinik Anda

Isi Konten

Tips Meningkatkan Volume Pasien ke Klinik Anda

Selain meningkatkan omzet, volume pasien yang deras akan mengurangi kesenjangan jadwal dan membuat waktu yang dihabiskan di klinik lebih efisien. Bagaimana klinik bisa meningkatkan jumlah pasien tanpa menambah staf? Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut.

Bangun hubungan baik dengan komunitas pasien Anda

Bagi dokter atau klinik, yang sebagian besar pasiennya berasal dari daerah sekitar, penting untuk membangun komunitas lokal dan terhubung dengan anggota-anggota penting di masyarakat. Hal ini bisa sangat bermanfaat karena memiliki komunitas pasien yang kuat juga memungkinkan Anda memajukan jangkauan baik di ruang online maupun offline. Langkah yang dapat diambil oleh klinik adalah:

Berpartisipasi dalam acara komunitas

Berpartisipasi dalam acara komunitas, seperti kegiatan sukarela dan perayaan lingkungan dapat meningkatkan jaringan lokal dengan cemerlang dan membangun kehadiran Anda yang kuat di komunitas. Kunci sukses di sini adalah terlihat, ramah, dan mendukung komunitas pasien Anda.

Mensponsori acara

Cara lain membangun hubungan dengan komunitas adalah mensponsori acara kecil yang menyenangkan. Selain itu, bangun hubungan baik dengan media lokal. Manfaatkan hubungan tersebut untuk menyebarkan berita tentang partisipasi, sponsor, dan aktivitas profesional lainnya.

 

Manfaatkan media sosial untuk menggapai pasien baru

Indonesia memiliki 167,0 juta pengguna media sosial (60,4 persen dari total penduduk) pada Januari 2023 menurut DataReportal. Sudah sewajarnya media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook atau YouTube dimanfaatkan untuk membantu kegiatan promosi klinik Anda.

Berikut beberapa tips dalam memulai penggunaan media sosial untuk promosi Klinik:

  • Gunakan media sosial untuk mengumpulkan review atau ulasan dan tampilkan ulasan yang positif. 
  • Rajinlah dalam menanggapi komentar untuk menunjukkan kepada pasien bahwa Anda peduli akan pendapat dan kepuasan mereka.
  • Selalu perbarui informasi kontak agar pasien tahu cara menghubungi klinik.
  • Sampaikan jam operasional sehingga pasien tahu kapan bisa menghubungi atau berkunjung.
  • Sediakan bagian FAQ (Frequently Asked Questions atau pertanyaan yang sering diajukan) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum.
  • Posting foto suasana klinik dan staf yang terlihat “hangat” atau menarik dan ramah.
  • Sebarkan informasi mengenai layanan terbaru, dan pembaruan lainnya.

 

Jangan lupa, tampilkan profil klinik Anda di Google Maps!

Agar semakin mudah ditemukan oleh calon pasien, pastikan klinik Anda mudah ditemukan di mesin pencarian populer seperti Google. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memverifikasi bisnis dan menambahkannya ke Google Maps. Klik di sini untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan.

 

Kurangi angka pasien yang batal datang

Jika klinik Anda memungkinkan kunjungan dengan janji, ketidakhadiran pasien atau pembatalan janji secara mendadak dapat menyebabkan hilangnya pendapatan, dan persiapan yang menjadi sia-sia. Pembatalan kunjungan juga menyulitkan staf untuk mengisi atau memprediksi antrian pasien.

Dalam menanggulangi masalah ini, klinik dapat menggunakan sistem pengiriman pesan otomatis untuk pasien. Hal ini berguna untuk mengingatkan pasien akan waktu janji kunjungan baik melalui pesan teks maupun telepon. Sistem seperti itu juga dapat membantu mengurangi janji temu yang terlewat atau terlupakan.

Selain itu, klinik juga dapat menetapkan aturan ketidakhadiran (termasuk keterlambatan dan pembatalan janji). Biasanya, aturan ini dilaksanakan dalam bentuk pemberian denda atau biaya pembatalan.

 

Gunakan Software Manajemen Klinik

Software atau Aplikasi Manajemen Klinik, yang seringkali disebut sebagai SIM Klinik (Sistem Informasi Manajemen Klinik) adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kinerja, meningkatkan kualitas pelayanan pasien, dan menambah aliran pasien ke klinik Anda. 

Singkatnya, SIM Klinik adalah seperangkat alat yang membantu proses pengelolaan klinik kesehatan. Beberapa fitur umumnya meliputi:

  1. Booking Online. Pasien Anda dapat memesan dan menghadiri janji temu secara online.
  2. Rekam Medis Elektronik. Pasien Anda dapat mengakses catatan kesehatan mereka secara digital.
  3. Dashboard Pelaporan & Analitik. Anda dapat melacak performa klinik dan metrik layanan melalui satu dashboard.

 

eClinic merupakan SIM Klinik terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik Anda seperti: mendukung koneksi dengan aplikasi pasien, penggunaan rekam medis elektronik, dan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan dan SATU SEHAT. Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS.

- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.