Search
Close this search box.

Isi Konten

Fungsi dan Jenis Gelang Identitas Pasien
Home » Bisnis » Fungsi dan Jenis Gelang Identitas Pasien

Isi Konten

Fungsi dan Jenis Gelang Identitas Pasien

Pernahkah Anda melihat pasien rawat inap di rumah sakit memakai gelang di pergelangan tangan mereka? Gelang tersebut mungkin terlihat sepele, tetapi sebenarnya memiliki peran penting untuk memastikan keselamatan dan keamanan pasien.

Gelang identitas pasien biasanya berisi informasi penting tentang pasien, seperti nama, tanggal lahir, nomor rekam medis, dan informasi medis lainnya. Informasi ini penting agar tenaga medis dapat memberikan perawatan yang tepat kepada pasien. Berikut penjelasannya.

Gelang Identitas Pasien
Gelang Identitas Pasien

Apa itu Gelang Identitas Pasien?

Gelang identitas pasien adalah gelang identifikasi yang dikenakan oleh pasien selama mereka menjadi pasien rawat inap di rumah sakit. Biasanya gelang ini terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan barcode, nama pasien, tanggal lahir, juga nomor rekam medis.

Digunakannya gelang identitas pasien bertujuan memastikan pasien menerima tindakan yang tepat selama perawatan dan mencegah kemungkinan kesalahan pasien, tindakan, atau prosedur yang tidak sesuai.

Pasien yang dirawat di rumah sakit harus memakai gelang identitas. Gelang identitas pasien umumnya mengandung tiga informasi penting: nama pasien, tanggal lahir, dan nomor rekam medis atau rekam medis. Gelang identitas berbentuk melingkar ini biasanya diberikan kepada pasien saat mereka mulai menjalani masa rawat inap di rumah sakit.

Fungsi Gelang Identitas Pasien 

Dalam fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, gelang pasien sangat penting. Gelang ini digunakan sebagai alat untuk membedakan setiap pasien. Gelang tersebut mengandung setidaknya tiga data, yaitu nama pasien, tanggal lahir, dan nomor rekam medisnya. Identifikasi pasien yang tepat sangat penting untuk mencegah kesalahan penanganan medis.

Identifikasi pasien yang benar adalah hal yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Identifikasi pasien harus dilakukan setiap kali tenaga kesehatan memberikan obat, melakukan pengambilan darah atau spesimen lain untuk pemeriksaan, atau melakukan prosedur medis lainnya. Kesalahan identifikasi pasien dapat menyebabkan pemberian obat yang salah, prosedur medis yang salah, atau bahkan kematian.

Selain untuk mengetahui nama dan identitas lain dari pasien pada saat pelayanan medis, gelang identitas pasien ini juga memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  1. Memastikan tindakan yang akan diberikan kepada pasien tepat.
  2. Mengidentifikasi dengan benar pasien (lanjut usia, dewasa, anak-anak atau bayi) yang akan dilakukan pemberian obat dan prosedur guna mencegah terjadinya salah pasien, salah pengobatan, dan salah prosedur.
  3. Memberikan identifikasi agar pasien dan bayi tidak tertukar selama perawatan dan menjaga keselamatan pasien  dalam rangka memberikan pelayan prima.
  4. Agar tenaga kesehatan yang menangani dapat lebih waspada, cermat dan teliti.
  5. Menandai pasien yang memiliki risiko atau keadaan khusus.

Karena fungsinya yang sangat penting, gelang identitas pasien hanya boleh dilepas ketika manajemen rumah sakit telah memastikan dan menyatakan bahwa pasien sudah bisa pulang atau keluar dari rumah sakit.

Jenis Jenis Gelang Identitas Pasien
Jenis Jenis Gelang Identitas Pasien

Jenis-Jenis Gelang Identitas Pasien

Ada delapan macam warna gelang identitas pasien yang umumnya digunakan. asing-masing warna memiliki fungsi identifikasi yang berbeda, yaitu:

  1. Merah muda untuk pasien berjenis kelamin perempuan.
  2. Biru muda untuk pasien berjenis kelamin laki-laki.
  3. Merah untuk pasien alergi obat-obatan.
  4. Kuning untuk pasien dengan risiko jatuh.
  5. Hijau untuk pasien alergi latex.
  6. Ungu untuk pasien DNR (Do Not Resuscitate).
  7. Abu-abu untuk pasien dengan pemasangan bahan radioaktif (kemoterapi).
  8. Putih untuk pasien dengan kondisi jenis kelamin ganda

Setiap staf rumah sakit harus memahami dan menerapkan prosedur identifikasi pasien. Mereka harus memastikan bahwa pasien diidentifikasi dengan benar saat diberikan pelayanan atau pengobatan, dan melaporkan segala bentuk salah identifikasi, termasuk kehilangan gelang identitas.

Kapan Gelang Identitas Pasien Dilepas?

Pelepasan gelang tidak bisa dilakukan oleh pasien sendiri, melainkan hanya dapat dilepas saat pasien pulang atau keluar dari rumah sakit. Perawat yang bertanggung jawab atas pasien selama tinggal di Rumah Sakit bertanggung jawab untuk melepaskannya. Proses ini dilakukan setelah semua prosedur selesai, termasuk pemberian obat dan penjelasan rencana perawatan lanjutan kepada pasien dan keluarga mereka. Detail prosedur pelepasan gelang identitas yakni sebagai berikut: 

  1. Gelang Identitas yang sudah tidak dipakai harus digunting. Untuk pasien anak dan dewasa, gelang yang telah digunting dapat dibuang ketempat sampah atau dibawa pulang jika pasien menghendaki.
  2. Terdapat kondisi-kondisi yang memerlukan pelepasan gelang identitas sementara, saat masih dirawat di rumah sakit, misalnya lokasi pemasangan Gelang Identitas mengganggu suatu prosedur. setelah prosedur selesai dilakukan, Gelang Identitas harus segera dipasang kembali.

Pasien dan perawat perlu sadar akan pentingnya gelang identitas pasien.

Untuk informasi lainnya seputar dunia pelayanan kesehatan, kunjungi blog eClinic.id

  • https://gelangpasien.com/fungsi-macam-warna-gelang-identitas-pasien/
  • https://www.bhaktirahayu.com/info/patient-safety-for-a-great-hospital-gelang-identitas-pasien
  • https://rsud.tulungagung.go.id/gelang-identitas-pasien-arti-warna-fungsi-dan-kegunaannya/
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!