Search
Close this search box.

Isi Konten

Satu Sehat Mobile
Home » Bisnis » Manfaat Satu Sehat bagi Klinik dan Pasien

Isi Konten

Manfaat Satu Sehat bagi Klinik dan Pasien

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan RI resmi meluncurkan Satu Sehat sebagai platform pengganti PeduliLindungi. Dengan demikian, terdapat perluasan manfaat di mana aplikasi ini bukan lagi hanya sebagai aplikasi penanganan pandemi melainkan aplikasi yang dapat melayani transformasi kesehatan yang lebih luas. 

Satu Sehat mampu menghubungkan platform aplikasi yang beragam pada berbagai fasyankes dan pelaku industri kesehatan. Melalui Satu Sehat, pertukaran data kesehatan di Indonesia akan menjadi lebih efektif, efisien, serta lebih menguntungkan pasien maupun fasyankes termasuk klinik. Berikut merupakan manfaat Satu Sehat yang dapat dirasakan oleh klinik dan pasien. 

 

Manfaat Satu Sehat bagi Klinik 

Transformasi digital melalui platform Satu Sehat menjadi solusi kemudahan bagi pengelola klinik dalam mengelola administrasi dan data kesehatan pasien. Di bawah ini merupakan manfaat yang dapat dirasakan oleh klinik dalam integrasi Satu Sehat. 

Koordinasi antar fasyankes lebih efektif 

Satu Sehat dapat menjadi penghubung antar fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Oleh karena itu, klinik dapat dengan semakin mudah menerima transfer data kesehatan pasien yang pernah berobat di fasyankes lain. Melalui proses ini, klinik dapat mengakses riwayat kesehatan pasien lebih detail dan runtut meskipun pernah berobat di fasyankes yang berbeda. 

Menambah efisiensi tenaga kesehatan

Tenaga kesehatan pada klinik tidak perlu menginput data yang berulang pada aplikasi yang berbeda. Nakes hanya mengisi satu aplikasi yang secara otomatis terhubung dengan aplikasi kesehatan lainnya. Dengan demikian, Nakes lebih berfokus pada pemberian layanan kesehatan alih-alih mengurus administrasi. 

Memudahkan pencarian layanan rujukan 

Aplikasi Satu Sehat dapat memudahkan klinik untuk melakukan pencarian layanan rujukan atau FKTL bagi pasiennya yang dirujuk. Transfer data dari klinik ke fasyankes rujukan juga menjadi lebih mudah karena data yang diinput di klinik Anda akan dapat terakses di fasyankes rujukan

Pengambilan keputusan berbasis data

Proses pengambilan keputusan klinis oleh dokter atau tenaga medis terhadap pasien akan lebih akurat karena berbasis pada data pasien yang tercatat di Satu Sehat. 

 

Manfaat Satu Sehat bagi Pasien

Menambah efisiensi waktu pasien

Satu Sehat telah mengintegrasikan data rekam medis pasien dari berbagai fasyankes sehingga ketika pasien berkunjung ke klinik Anda, pasien tidak perlu membawa berkas rekam medis fisik dan berulang-ulang mengisi formulir baru. Hal ini dapat membuat waktu registrasi pasien menjadi lebih efisien dan mendapatkan tindakan dan pelayanan kesehatan dengan lebih cepat. 

Informasi kesehatan lebih lengkap dan transparan

Melalui Satu Sehat, pasien bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lengkap, runtut, dan transparan karena rekam medis di fasyankes telah tercatat dan terekam secara digital melalui persetujuan pasien.  Selain itu, tidak hanya catatan rekam medis pasien, Satu Sehat juga masih menyimpan status vaksinasi Covid-19, hasil pemeriksaan laboratorium, hingga basis data stunting.

Dapat berobat dengan BPJS Kesehatan

Pasien peserta BPJS Kesehatan dapat merasakan manfaat Satu Sehat ketika berobat ke klinik yakni lebih mudah dalam mengakses riwayat medis dari pasien yang bersangkutan. Hal ini karena BPJS Kesehatan juga telah terintegrasi dengan Satu Sehat.

 

Dengan beralihnya PeduliLindungi menjadi Satu Sehat, manfaat yang diperoleh klinik maupun pasien semakin luas. Klinik Anda dapat terintegrasi dengan platform Satu Sehat untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Hal yang dapat dilakukan agar klinik terkoneksi dengan Satu Sehat adalah dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau software manajemen klinik yang telah terintegrasi dengan Satu Sehat.  

 

eClinic merupakan SIM Klinik terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik Anda seperti:

  1. Terkoneksi dengan Satu Sehat 
  2. Terkoneksi dengan BPJS Kesehatan
  3. Membantu manajemen klinik
  4. Penggunaan rekam medis elektronik
  5. Sistem berbasis cloud 
  6. Mendukung koneksi dengan aplikasi booking online pasien (Klinisia)

Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS!

“Kemenkes: PeduliLindungi segera bertransformasi jadi aplikasi Satu Sehat. Diakses 15 Maret 2023. Antaranews. 

“Kemenkes Luncurkan Platform SATUSEHAT Untuk Integrasikan Data Kesehatan Nasional” Diakses pada 16 Maret 2023. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

“Keunggulan Satu Sehat Kemenkes, Asal Namanya Tak Terduga” Diakses 15 Maret 2023. Adatah.com

- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!