Search
Close this search box.

Isi Konten

Keunggulan Sim Klinik
Home » Aplikasi » Keunggulan SIM Klinik untuk Bisnis Klinik

Isi Konten

Keunggulan SIM Klinik untuk Bisnis Klinik

Klinik menjadi salah satu peluang bisnis yang patut dilirik karena proses dan syarat pendiriannya terbilang cukup mudah dan tak membutuhkan modal yang besar jika dibandingkan dengan membuka sebuah rumah sakit. Bagi Anda pelaku bisnis kesehatan yang sedang menjalankan bisnis klinik, pastinya harus memperhatikan beberapa faktor agar bisnisnya berjalan dengan optimal di tengah peningkatan persaingan bisnis klinik di Indonesia. Penggunaan SIM Klinik merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan efektivitas kinerja dan operasional klinik.

 

Apa itu SIM Klinik

SIM klinik atau Sistem Informasi Manajemen Klinik adalah suatu sistem yang mampu mengintegrasikan seluruh aspek operasional dan pelayanan kesehatan yang ada didalam layanan klinik menjadi satu pintu dan dilakukan secara otomatis. Sistem ini berfungsi untuk memudahkan semua pekerjaan yang ada di klinik dan juga turut serta mendukung klinik agar dapat meningkatkan kinerja, pendapatan, dan menjaga relasi dengan pasien secara efektif dan efisien.

 

Permasalahan Bisnis Klinik 

Tak jarang, pelaku usaha klinik menjumpai beberapa permasalahan yang menghambat tercapainya optimalisasi bisnis klinik maupun kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Adapun permasalahan yang biasa dihadapi oleh pemilik klinik adalah terkait dengan sulitnya pengelolaan waktu pengusaha klinik, persaingan harga atau tarif klinik yang sengit dengan sesama klinik, sulitnya mendapatkan pasien, proses registrasi pasien yang ribet, data pasien yang hilang atau tercecer, serta sistem informasi manajemen klinik yang buruk.

Oleh karenanya, Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut sehingga dapat memaksimalkan bisnis Anda. Anda dapat mengelola waktu Anda dengan membuat jadwal harian dan menetapkan target pencapaian yang ingin dicapai oleh klinik Anda, melakukan survei pasar dan memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan klinik lainnya, melakukan promosi misalnya melalui sosial media, dan menerapkan teknologi dalam mengelola manajemen klinik agar menghindari pengelolaan yang buruk, mempermudah proses pendaftaran pasien, hingga menyimpan data secara digital tanpa khawatir data akan hilang. Penggunaan teknologi ini dapat berupa penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Klinik yang memiliki banyak keunggulan.

 

Keunggulan Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIM Klinik)

Penggunaan sistem informasi  manajemen klinik akan melengkapi bisnis Anda dan membuat pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi lebih efisien dan dapat memaksimalkan bisnis yang Anda jalankan. Maksimalkan bisnis dengan menggunakan sistem informasi manajemen Klinik ini dapat dilihat dari keunggulan-keunggulannya berikut. 

 

  1. Meningkatkan Produktivitas Klinik

Penggunaan sistem informasi manajemen klinik dapat membuat klinik Anda menjadi lebih praktis tanpa ribet mengelola klinik Anda. Anda juga dapat memonitor bisnis dan pasien secara realtime melalui dashboard yang tersedia. Hal ini dapat membantu Anda memantau perkembangan bisnis dan terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas klinik Anda

 

  1. Data lebih aman

Dengan menggunakan SIM Klinik, Anda tidak perlu khawatir data pasien akan hilang, terselip, ataupun tercecer karena menggunakan sistem penyimpanan digital cloud. Hak akses data pun tidak dimiliki oleh sembarang orang.

 

  1. Bisa Registrasi Online

Bagi pemilik klinik yang bermasalah dengan registrasi pasien yang tidak praktis, penggunaan SIM Klinik dapat menjadi solusinya karena dapat terintegrasi dengan aplikasi yang memungkinkan pasien untuk melakukan pendaftaran secara online. 

 

  1. Menggunakan Rekam Medis Elektronik

Dokumen rekam medis penting untuk membantu klinik dalam mengetahui kondisi pasien ketika melakukan tindakan lanjutan. Melalui penggunaan rekam medis elektronik, dokumen rekam medis akan lebih praktis dan memudahkan klinik dalam memberikan pelayanan. Penggunaan rekam medis elektronik ini juga telah diwajibkan oleh pemerintah menurut Permenkes 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. 

 

  1. Terintegrasi PCare BPJS dan SATU SEHAT

Integrasi dengan PCare BPJS dapat membantu meningkatkan skala bisnis Anda karena klinik Anda dapat menjadi klinik pilihan bagi pasien peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain itu, SIM Klinik juga dapat terintegrasi dengan platform SATU SEHAT yang menghubungkan antar platform aplikasi kesehatan dan fasilitas kesehatan lain. 

 

Dengan beralih menggunakan teknologi SIM Klinik, Anda dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh klinik sehingga Anda dapat tetap fokus pada pelayanan kesehatan untuk pasien. Manfaat dan keunggulan yang ditawarkan oleh SIM Klinik juga dapat memaksimalkan potensi bisnis Anda. Anda dapat menggunakan eClinic untuk klinik Anda. eClinic merupakan SIM Klinik  terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung klinik untuk meningkatkan kinerja, pendapatan, dan menjaga relasi dengan pasien.

  • Permenkes Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data Bidang Kesehatan melalui Sistem Informasi Kesehatan. 
  • Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!