Search
Close this search box.

Isi Konten

Mengenal Jurusan Rekam Medis dan Prospek Kerja
Home » Rekam Medis » Mengenal Jurusan Rekam Medis dan Prospek Kerjanya

Isi Konten

Mengenal Jurusan Rekam Medis dan Prospek Kerjanya

Tidak hanya kedokteran, rumpun ilmu kesehatan memiliki jurusan dan program studi yang beragam, salah satunya di antaranya adalah rekam medis. Mahasiswa yang mengambil jurusan rekam medis akan belajar berbagai hal yang terkait dengan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penggunaan informasi medis yang efektif dan efisien. Tertarik mengambil jurusan ini? Simak penjelasannya!

Apa itu Rekam Medis?

Rekam medis adalah berkas atau dokumen yang berisi catatan mengenai identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, serta tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien di berbagai instansi kesehatan. 

Apa itu Jurusan Rekam Medis?

Jurusan rekam medis adalah bidang keilmuan yang pembelajarannya berkaitan dengan manajemen informasi kesehatan dan pasien. Aspek penting yang dipelajari di program studi ini adalah pengkodean penyakit dan tindakan pasien ke dalam kode internasional. Kegiatan ini dilakukan oleh perekam medis untuk memudahkan pengelolaan informasi kesehatan. Pada jenjang sarjana terapan, program studi ini dikenal dengan nama Manajemen Informasi Kesehatan.

Apa yang dipelajari  dalam Jurusan Rekam Medis?

Jurusan berkaitan erat dengan kegiatan mengarsip dan menganalisa data. Oleh karena itu, program studi rekam medis cocok bagi seseorang yang memiliki minat yang tinggi dalam bidang kesehatan. Berikut adalah gambaran mata kuliah yang akan dipelajari dalam program studi ini:

  1. Pengantar Rekam Medis
  2. Biomedik
  3. Terminologi Medis
  4. Ilmu Kesehatan Masyarakat & Kependudukan
  5. Bahasa Inggris Medis
  6. Ilmu Penyakit
  7. Administrasi dan Manajemen Kesehatan
  8. Pengenalan dan Praktek Aplikasi Komputer dan Internet
  9. Epidemiologi Kesehatan Struktur Data
  10. Kodifikasi Penyakit Dasar
  11. Laboratorium Klinik Rekam Medis
  12. Pengantar Psikologi Etika & Hukum Kesehatan
  13. Evaluasi Pelayanan Manajemen Pelayanan Kesehatan
  14. Sistem Basis Data
  15. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
  16. Praktikum Operator Sistem Informasi Rekam Medis
  17. Rekam Kesehatan Elektronik
  18. Standarisasi Akreditasi Rumah Sakit Nasional & Internasional
  19. Strategi Bisnis dan Praktek Kewirausahaan
  20. Quality Assurance Tata Arsip Dinamis

Mahasiswa yang lulus dari program studi rekam medis akan memiliki gelar Ahli Madya Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (A.Md.RMIK). Dengan gelar tersebut, lulusan program studi rekam medis dapat bekerja di berbagai fasilitas kesehatan, seperti klinik, puskesmas, dan rumah sakit.

Prospek Karir

Pengembangan teknologi dan pertumbuhan industri kesehatan di Indonesia telah meningkatkan kebutuhan akan tenaga kerja di bidang rekam medis. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan akan pengelolaan informasi medis yang efisien. Fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) membutuhkan tenaga kerja yang terlatih dan kompeten untuk mengelola rekam medis guna memenuhi standar pelayanan kesehatan yang ada.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 55 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis, Perekam Medis adalah seorang yang telah lulus pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Lulusan jurusan atau program studi rekam medis atau perekam medis kemudian dapat bekerja di berbagai instansi kesehatan, baik di sektor publik maupun swasta. Di sektor publik, peluang kerja rekam medis tersedia di Departemen Kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan lembaga pemerintah lainnya yang terkait dengan bidang kesehatan.

Di sektor swasta, peluang kerja perekam medis tersedia di rumah sakit, klinik, praktek dokter pribadi, perusahaan konsultan rekam medis, ataupun vendor atau penyedia sistem rekam medis.

Mengapa Memilih Jurusan Rekam Medis? 

Berikut adalah beberapa alasan jurusan ini mungkin cocok untuk Anda:

  1. Jurusan Rekam Medis sangat cocok untuk orang yang senang menganalisis, mengelola, menyusun, dan menaruh perhatian pada aktivitas pelayanan untuk pasien di bidang kesehatan.
  2. Bidang rekam medis sangat erat hubungannya dengan sistem informasi. Hal tersebut dikarenakan output dari rekam medis adalah informasi riwayat, informasi kesehatan, dan perawatan pasien. 
  3. Prospek kerja dan jenjang karir Jurusan rekam medis cukup terarah karena fasilitas kesehatan selalu membutuhkan tenaga kerja pada bidang tersebut. 

Jurusan rekam medis juga memiliki kaitan erat dengan desakan penyelenggaraan rekam medis elektronik (RME) di fasilitasi kesehatan. Hal ini karena lulusan rekam medis merupakan tenaga profesional yang dibutuhkan untuk mengelola RME. Lulusan rekam medis akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola RME. Lulusan rekam medis yang memiliki keterampilan di bidang RME akan memiliki peluang kerja yang lebih luas dan prospek karier yang lebih bagus.

Kunjungi blog eclinic.id untuk mendapatkan informasi lainnya terkait rekam medis dan rekam medis elektronik (RME).

  • https://medital.id/universitas-yang-ada-jurusan-rekam-medis/
  • https://stikeshb.ac.id/kuliah-rekam-medis-belajar-tentang-apa-saja/
  • https://www.poltekindonusa.ac.id/mengenal-program-studi-rekam-medis-manajemen-informasi-kesehatan-sarjana-terapan/
  • https://campus.quipper.com/majors/id-rekam-medis
  • https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/a-sampai-z-tentang-jurusan-rekam-medis
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!