Search
Close this search box.

Isi Konten

aplikasi-klinik
Home » Bisnis » Digitalisasi Klinik: Cara dan Manfaatnya

Isi Konten

Digitalisasi Klinik: Cara dan Manfaatnya

Digitalisasi pelayanan kesehatan kini menjadi salah satu fokus Pemerintah dalam rangka memajukan pembangunan kesehatan di Indonesia. Melalui digitalisasi di bidang kesehatan, industri kesehatan dapat berfokus pada pemberian layanan kesehatan yang berkualitas dan profesional sehingga dapat menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien. Salah satu langkah digitalisasi yang dapat dilakukan oleh industri kesehatan untuk mendukung digitalisasi adalah dengan menerapkan penggunaan teknologi digital pada fasilitas kesehatan seperti klinik. Digitalisasi klinik ini dapat memberikan dampak positif untuk berbagai pihak seperti pemilik klinik, petugas medis maupun pasien. 

 

Manfaat Digitalisasi Klinik 

Sebagai pelaku industri kesehatan, Anda perlu mengetahui manfaat yang didapatkan ketika menerapkan teknologi digital pada klinik Anda. Berikut ini manfaat yang dapat Anda dapatkan dalam digitalisasi teknologi di klinik Anda. 

  1. Koordinasi tenaga medis lebih mudah 

Penggunaan  teknologi  yang dapat membuat akses dokumen digital secara real time pada masing-masing bagian di klinik akan menjadikan komunikasi menjadi lebih efisien, misalnya komunikasi antara dokter dan staf klinik ataupun dokter dengan pasien.

 

  1. Informasi yang terintegrasi 

Melalui digitalisasi layanan klinik maka seluruh informasi dan data rekam medis di klinik Anda akan terintegrasi di dalam satu ruang penyimpanan. Oleh karenanya, hal ini akan memudahkan dalam pengelolaan data dan mempercepat waktu pelayanan kesehatan.

 

  1. Membantu sistem administrasi 

Penggunaan teknologi akan menjadikan tugas administrasi menjadi lebih praktis tanpa ribet dan membuang-buang waktu maupun tenaga. Teknologi akan membantu klinik Anda untuk mencatat sistem administrasi dalam bentuk digital.

 

  1. Antrian lebih efisien 

Bagi Anda yang masih mengalami masalah dalam pengelolaan antrian pasien, penggunaan teknologi digital dapat menjadi solusi. Hal ini karena dengan menggunakan teknologi, antrian akan menjadi efisien karena sistem administrasi yang cepat sehingga pasien tidak perlu menunggu terlalu lama.

 

  1. Meningkatkan produktivitas 

Digitalisasi layanan klinik dapat membuat pekerjaan administratif di setiap bagian pelayanan menjadi lebih efisien karena beban kerja lebih rendah yang memungkinkan staf melayani lebih banyak pasien. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas klinik. 

 

Langkah Digitalisasi Klinik 

Berikut langkah yang bisa Anda ambil untuk mulai digitalisasi klinik Anda.

  1. Gunakan software manajemen klinik 

Penggunaan software Sistem Informasi Manajemen (SIM) klinik akan membuat pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi lebih efisien dan dapat memaksimalkan bisnis yang Anda jalankan. Melalui penggunaan SIM Klinik, Klinik dapat mengelola pekerjaan administratif dengan lebih mudah dan cepat, melakukan manajemen master data, dan mendukung pelayanan yang lebih profesional.

 

  1. Gunakan aplikasi modern 

Aplikasi yang dapat diakses melalui perangkat mobile yang dapat menghubungkan antara Klinik dan pasien dapat menjadi langkah digitalisasi yang tepat karena memudahkan klinik dalam memberikan pelayanan, misalnya adalah untuk melakukan registrasi secara online bagi pasien. 

 

  1. Gunakan rekam medis elektronik

Rekam medis elektronik menjadi dokumen digital yang jauh lebih praktis bagi klinik dalam memberikan pelayanan jika dibandingkan dengan rekam medis konvensional. Jika Klinik Anda masih menggunakan rekam medis konvensional, Anda dapat segera beralih ke rekam medis elektronik mengingat hal ini telah menjadi kewajiban semua faskes untuk menyelenggarakan rekam medis elektronik sebagaimana tertuang dalam Permenkes nomor 24 tahun 2022

 

  1. Manfaatkan sosial media 

Anda bisa memanfaatkan platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga TikTok untuk memberikan informasi mengenai klinik Anda sekaligus sebagai media promosi dan edukasi bagi masyarakat. 

 

  1. Hubungkan klinik dengan BPJS Kesehatan 

Terhubungnya klinik dengan BPJS Kesehatan akan memudahkan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk berobat di klinik Anda. Pastikan klinik Anda terhubung secara online dengan BPJS agar tidak menjadi penghambat dalam penanganan pasien. 

 

  1. Integrasikan dengan SATU SEHAT 

Selain terhubung dengan BPJS Kesehatan, digitalisasi klinik juga dapat dilihat dari adanya integrasi data yang terpusat melalui platform SATU SEHAT. Platform ini dapat  menyediakan konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung dan mengintegrasikan berbagai faskes dan aplikasi kesehatan di Indonesia. 

 

Digitalisasi Klinik Anda dengan eClinic

Melalui poin-poin di atas, Anda dapat melihat bahwa digitalisasi klinik mendatangkan banyak manfaat bagi klinik maupun pasien. Langkah-langkah untuk melakukan digitalisasi klinik dapat diterapkan di klinik Anda dengan menggunakan bantuan SIM Klinik. Salah satu SIM Klinik yang mampu mendukung digitalisasi klinik Anda adalah eClinic. 

eClinic merupakan SIM Klinik terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik Anda seperti: mendukung koneksi dengan aplikasi pasien, penggunaan rekam medis elektronik, dan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan dan SATU SEHAT. Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS.

“Perkuat Pelayanan Kesehatan, IDI Dorong Digitalisasi Klinik dan Praktik Dokter” Diakses pada 21 Februari 2023. Merdeka.

Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 Diluncurkan, Fokus ke Pelayanan Kesehatan bukan Pelaporan untuk Pejabat” Diakses pada 21 Februari 2023. Sehat Negriku.

Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis

- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!