Search
Close this search box.

Isi Konten

Inovasi Klinik Kesehatan
Home » Bisnis » Inovasi Teknologi yang Bisa Klinik Anda Aplikasikan

Isi Konten

Inovasi Teknologi yang Bisa Klinik Anda Aplikasikan

Hampir semua inovasi kesehatan memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan status kesehatan pasien dan pengalaman pasien sambil mengurangi biaya. Namun, dalam praktiknya, fokus strategis mereka berbeda-beda. Inovasi dapat berfokus pada peningkatan kualitas, perampingan proses back-end, pengurangan biaya internal, atau peningkatan pendapatan. Area fokus ini menunjukkan struktur yang berbeda, mulai dari kualitas klinis, teknologi informasi, atau keuangan.

Dalam era digital yang semakin berkembang, banyak inovasi teknologi yang dapat diadopsi oleh manajemen klinik untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Artikel ini akan membahas beberapa ide inovasi teknologi yang bisa diaplikasikan pada klinik Anda.

Manfaat Penggunaan Teknologi untuk Manajemen Klinik

Secara singkat berikut adalah manfaat ​​penggunaan teknologi untuk klinik Anda: 

  • Memudahkan aktivitas administrasi 
  • Meningkatkan efisiensi koordinasi dan komunikasi antar tenaga medis
  • Menjangkau dan melayani lebih banyak pasien secara efektif
  • Memudahkan monitoring dari berbagai aspek pelayanan

Inovasi Teknologi Dalam Pengelolaan Klinik

Banyak inovasi teknologi yang telah dibuat di klinik untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan. Berikut contohnya:

Inovasi dalam Proses Diagnosis dan Pengobatan

  • Artificial Intelligence (AI): AI dapat membantu dokter menganalisis gambar medis seperti X-ray atau MRI dengan akurasi lebih tinggi, mendeteksi penyakit dini, dan merekomendasikan pengobatan yang tepat.
  • Chatbot dan asisten virtual: Chatbots dapat menjawab pertanyaan umum pasien, menjadwalkan janji temu, dan membantu mengumpulkan informasi kesehatan, mengurangi beban staf klinik.
  • Wearable devices: Perangkat seperti jam tangan pintar dan gelang kebugaran dapat terus memonitor tekanan darah, detak jantung, dan level oksigen, memungkinkan deteksi dini masalah kesehatan dan pengobatan preventif.
  • Telemedicine: Konsultasi jarak jauh melalui video call menjadi semakin populer, terutama untuk pasien di daerah terpencil atau dengan mobilitas terbatas.

Inovasi dalam Operasional atau Pelayanan Klinik

  • Rekam Medis Elektronik (RME): Rekam medis elektronik menyimpan data pasien secara digital, meningkatkan aksesibilitas dan memudahkan berbagi informasi antar tenaga kesehatan. Saat ini, RME sudah menjadi sesuatu yang wajib diselenggarakan oleh seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.
  • Sistem reservasi dan manajemen antrian online: Sistem antrian elektronik mengurangi keramaian dan waktu tunggu pasien, serta memudahkan pengaturan jadwal dokter. Klinik juga dapat mempersiapkan diri saat adanya lonjakan pasien. Selain itu dengan adanya langkah ini,  pasien akan merasa nyaman saat menunggu waktu antrian. 
  • Robotic Process Automation (RPA): Robot dapat mengotomatiskan tugas administratif seperti penjadwalan, pengingat pembayaran, dan klaim asuransi, membebaskan waktu tenaga kesehatan untuk fokus pada pasien.
  • Big data dan analytics: Analisis data klinik dapat membantu mengidentifikasi tren penyakit, optimalisasi biaya, dan pengambilan keputusan berbasis data.

Inovasi dalam Pengalaman Berobat Pasien

  • Virtual reality (VR): VR dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan pasien sebelum dan selama prosedur medis, serta menyediakan terapi rehabilitasi yang lebih interaktif.
  • Augmented reality (AR): AR dapat membantu dokter memvisualisasikan anatomi pasien selama operasi, meningkatkan presisi dan mengurangi komplikasi.
  • Game-based therapy: Permainan interaktif dapat digunakan untuk terapi pasien anak, membuat proses edukasi dan rehabilitasi lebih menyenangkan dan efektif.
  • Personalisasi perawatan: Teknologi dapat membantu menyesuaikan perawatan dan informasi kesehatan sesuai kebutuhan individu pasien, meningkatkan kepuasan dan efektivitas terapi.

Selain inovasi di atas, masih banyak lagi perkembangan teknologi yang berpotensi diterapkan di klinik. Penting bagi klinik untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik dan memilih teknologi yang sesuai dengan anggaran dan sumber daya yang tersedia. Dengan memanfaatkan teknologi secara tepat, klinik dapat meningkatkan kualitas pelayanan, efisiensi, dan kepuasan pasien, serta berkontribusi pada kemajuan dunia kesehatan.

Di Indonesia, penggunaan teknologi kesehatan masih menghadapi beberapa tantangan, seperti infrastruktur internet yang belum merata, biaya implementasi yang tinggi, kurangnya literasi digital tenaga kesehatan dan pasien, sehingga mereka tidak terampil menggunakan teknologi kesehatan. Walaupun begitu, pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa upaya untuk mendorong inovasi dan adopsi teknologi kesehatan, antara lain dengan cara menggencarkan adopsi platform SATUSEHAT. Untuk mempercepat kemajuan dan memastikan aksesibilitas teknologi bagi seluruh masyarakat Indonesia, diperlukan kerja sama antara pemerintah, institusi pendidikan, pelaku bisnis teknologi, dan penyedia layanan kesehatan.

Inovasi Teknologi bersama eClinic

Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis membuat semua fasilitas kesehatan harus menggunakan rekam medis elektronik. Penyelenggaraan ini harus dilaksanakan sebelum 31 Desember 2023. Menghadapi hal ini, klinik perlu memilih RME yang tepat sebagai langkah pengembangan inovasi teknologi di Klinik. 

eClinic adalah sistem informasi manajemen yang menyediakan rekam medis elektronik. eClinic menawarkan berbagai fitur dan layanan yang canggih untuk membantu fasilitas kesehatan dalam mengelola rekam medis secara efisien dan efektif. Selain itu, eClinic mampu mendukung koneksi dengan aplikasi pasien, penggunaan rekam medis elektronik, dan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan dan SATUSEHAT.

  • https://medmi​​nutes.io/inovasi-teknologi-manajemen-klinik-lebih-efisien/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8874810/
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!