Search
Close this search box.

Isi Konten

Home » Bisnis » Memilih SIM Klinik Terbaik untuk Klinik Anda

Isi Konten

Memilih SIM Klinik Terbaik untuk Klinik Anda

Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Klinik (SIM Klinik) penting untuk pengelolaan klinik modern. Dengan menggunakan SIM Klinik, klinik dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan pasien. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk memilih SIM Klinik yang tepat.

 

Identifikasi Kebutuhan Klinik

Sebelum memilih SIM yang tepat, klinik dapat melakukan analisis alur kerja dan mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam pengelolaan klinik saat ini. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati langsung proses kerja yang berlangsung, berinteraksi dengan staf, sambil mengidentifikasi area-area di mana SIM klinik dapat membantu memperbaiki efisiensi dan efektivitas kinerja dan pelayanan.

Contohnya, beberapa permasalahan yang dapat diidentifikasi melalui analisis alur kerja adalah:

Keterbatasan pengelolaan data manual

Jika klinik masih menggunakan pencatatan manual, maka akan ada keterbatasan dalam mengelola dan mengakses data pasien dengan cepat dan efisien. Hal ini dapat memperlambat proses pelayanan dan memicu lebih banyak kesalahan manusiawi (human error).

Jadwal yang berantakan dan tidak terkoordinasi

Jika jadwal kunjungan pasien dan jadwal dokter tidak terintegrasi dengan baik, maka dapat terjadi tumpang tindih atau ketidakteraturan dalam pelayanan. Ini dapat mengakibatkan waktu tunggu yang lama dan ketidakpuasan pasien.

Kesulitan dalam pemantauan persediaan

Tanpa sistem yang terintegrasi, memantau persediaan obat dan alat medis dapat menjadi sulit. Ini dapat menyebabkan terjadinya kekurangan persediaan atau pemborosan biaya.

 

Pertimbangan Memilih SIM Klinik 

Penggunaan Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah investasi bagi klinik. Agar dapat meraup manfaatnya dengan maksimal, Anda dapat mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum memilih SIM Klinik:

Mendukung akreditasi klinik

Akreditasi bagi klinik dapat menambah daya saing karena dapat menjamin pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas, meningkatkan pendidikan karyawan, meningkatkan manajemen risiko, serta membangun dan meningkatkan kerjasama antar tim dan karyawan. Terkait SIM Klinik, implementasi rekam medis elektronik dapat memiliki dampak positif pada proses akreditasi dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh klinik.

Memiliki Rekam Medis Elektronik (RME) yang memenuhi standar

Selain memudahkan pelayanan dan pengelolaan data, Permenkes No. 24 tahun 2022 telah mewajibkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan untuk menggunakan rekam medis elektronik sebagai dokumen dalam pemberian pelayanan di fasyankes. Oleh karena itu, pastikan SIM Klinik yang Anda pilih menyediakan RME yang sesuai dengan standar dan terintegrasi dengan SATUSEHAT.

Terintegrasi dengan BPJS PCare

Salah satu bentuk kerjasama antara klinik dan BPJS adalah dengan adanya konektivitas antara klinik dengan PCare BPJS. PCare merupakan aplikasi khusus yang dikembangkan oleh BPJS untuk memudahkan pasien dalam mengakses FKTP seperti klinik, puskesmas, dan praktek dokter pribadi. Pastikan SIM Klinik pilihan terhubung dengan PCare sehingga staf klinik tidak perlu melakukan input untuk klaim secara terpisah (melalui SIM Klinik dan melalui aplikasi PCare). Integrasi langsung SIM Klinik dengan aplikasi PCare akan membantu efisiensi dalam pelayanan dan pelaporan.

Menjamin keamanan dan privasi data

SIM Klinik nantinya akan menyimpan banyak data yang bersifat privat. Keamanan dan privasi data harus dijadikan prioritas dalam memilih SIM Klinik. Pastikan sistem yang dipilih memiliki fitur keamanan yang kuat dan telah memenuhi standar keamanan siber. Salah satu indikator keamanan SIM klinik adalah pemenuhan standar ISO 27001, yakni standar Internasional untuk penerapan sistem manajemen keamanan informasi. Pemerintah juga telah mewajibkan setiap penyelenggara sistem elektronik untuk mendaftarkan diri PSE Kominfo untuk menciptakan ruang digital yang aman dan terpercaya bagi pengguna aplikasi di Indonesia. Terdaftarnya SIM Klinik sebagai penyelenggara sistem elektronik di PSE Kominfo dapat dijadikan indikator terjaminnya keamanan dan privasi data yang dikelola.

 

Pastikan SIM Klinik Menawarkan Fitur yang Lengkap!

SIM Klinik hadir sehingga Anda dapat menanggulangi masalah yang ada melalui teknologi digital. Berikut fitur dasar yang seharusnya disediakan oleh SIM Klinik:

  1. Pencatatan dan pengelolaan data pasien
    SIM klinik harus mampu mengelola data pasien secara efisien, termasuk informasi demografis, riwayat medis, rekam medis, dan jadwal kunjungan.
  2. Pengaturan jadwal
    Sistem harus memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal kunjungan pasien, jadwal dokter, serta jadwal pemesanan persediaan.
  3. Pemantauan persediaan
    Klinik yang menjalankan praktik medis membutuhkan stok obat dan alat medis yang memadai. SIM klinik harus dapat memantau persediaan yang tersedia dan menghasilkan notifikasi ketika ada kekurangan atau persediaan yang sudah kadaluarsa.
  4. Pencatatan keuangan
    Klinik perlu mencatat semua transaksi keuangan, termasuk pembayaran pasien, asuransi, dan pengeluaran klinik. SIM klinik seharusnya mampu menghasilkan laporan keuangan secara akurat.
  5. Pelaporan dan analisis
    SIM klinik harus memberikan kemampuan untuk menghasilkan laporan dan analisis data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, seperti laporan kinerja klinik, statistik kunjungan pasien, dan lain sebagainya.
  6. Memudahkan klinik menjangkau pasien
    Menjaga hubungan baik dengan pasien merupakan strategi peningkatan pendapatan yang cenderung mudah dan efektif secara biaya. Dengan memilih SIM Klinik yang terhubung dengan aplikasi pasien (contohnya aplikasi untuk keperluan booking online) klinik Anda akan dapat merasakan manfaat yang signifikan.

 

eClinic: Solusi Komprehensif Manajemen Klinik

Tidak perlu khawatir atau bingung untuk mencari SIM Klinik yang cocok dan memenuhi kriteria di atas. eClinic, sistem manajemen informasi komprehensif yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan klinik modern. Berikut adalah alasan mengapa eClinic adalah solusi untuk klinik Anda:

  1. Kelola janji temu dengan mudah
    Tinggalkan konflik penjadwalan manual dan janji yang terlewat. eClinic memungkinkan Anda dengan mudah mengelola janji, mengirimkan pengingat otomatis kepada pasien, dan mengoptimalkan jadwal klinik untuk efisiensi maksimal.
  2. Rekam Medis Elektronik (RME) sesuai standar
    Membuat rekam medis pasien menjadi digital dan terintegrasi dengan aman melalui sistem RME eClinic. Tidak perlu lagi mencari berkas kertas atau membaca tulisan tangan yang sulit dibaca!
  3. Manajemen resep digital
    Mudah menghasilkan resep digital, melacak riwayat pengobatan, dan mengirimkan resep secara elektronik ke apotek.
  4. Pelaporan komprehensif
    Dapatkan wawasan berharga tentang kinerja klinik Anda, mulai grafik kunjungan pasien hingga tren diagnosis. Identifikasi area peningkatan dan optimalkan operasional klinik Anda untuk hasil yang lebih baik.
  5. Keamanan dan kepatuhan terjamin
    eClinic mengutamakan keamanan informasi pasien. Sistem kami sudah memenuhi standar keamanan ISO 27001 dan sudah terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di PSE Kominfo.
  6. Customer support yang aktif membantu
    eClinic menawarkan dukungan 24/7 untuk membantu Anda dalam menjawab pertanyaan dan mengatasi masalah teknis. Tim kami selalu berupaya memastikan Anda menerima bantuan tepat waktu kapan pun Anda membutuhkannya.

 

Dapatkan pengalaman perubahan yang luar biasa dengan eClinic dan kembangkan potensi klinik Anda. Tinggalkan kekacauan dokumen kertas dan sambut efisiensi yang terpadu, perawatan pasien yang lebih baik, produktivitas yang meningkat, dan dukungan sepanjang waktu. Klik di sini untuk menjadwalkan demo, pasien dan staf Anda akan berterima kasih!

 

Tidak ada referensi
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!