Search
Close this search box.

Isi Konten

General Consent
Home » Bisnis » Mengenal General Consent Pada Pelayanan di Klinik

Isi Konten

Mengenal General Consent Pada Pelayanan di Klinik

Persetujuan umum (general consent) adalah izin yang diberikan oleh pasien atau keluarganya kepada tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan medis, baik itu pemeriksaan, pengobatan, atau tindakan medis lainnya. Persetujuan ini mencakup semua tindakan medis yang mungkin dilakukan oleh tenaga kesehatan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai apa itu  general consent dan esensinya dalam melindungi hak dan keselamatan pasien dan perlindungan hukum bagi para klinik sebagai penyedia layanan kesehatan.

Apa itu General Consent?

General consent adalah persetujuan umum dari pasien atau keluarga pasien untuk menerima pelayanan rawat inap atau rawat jalan, khususnya dalam konteks pelaksanaan prosedur rutin selama pasien menjalani perawatan. Adanya general consent dapat melindungi hak dan keselamatan pasien, juga memberikan kepastian hukum bagi tenaga kesehatan yang memberikan perawatan kesehatan pasien, Dengan kata lain, general consent ini adalah izin resmi untuk masuk ke prosedur medis. 

Perlu ditekankan bahwa general consent harus diberikan secara sukarela, tanpa paksaan atau intimidasi dari pihak manapun. Pasien atau keluarga pasien harus diberi penjelasan yang lengkap dan rinci tentang prosedur yang akan dilakukan, termasuk risiko dan manfaatnya. Pasien atau keluarga pasien juga harus diberi kesempatan untuk bertanya dan meminta penjelasan.

Tujuan Persetujuan General Consent

Dalam pelayanan di klinik, general consent biasanya diberikan kepada pasien yang baru pertama kali datang untuk menjalani rawat inap atau rawat jalan. general consent ini biasanya ditujukan untuk mendapatkan persetujuan untuk:

  • Pemeriksaan fisik dan wawancara medis
  • Pemeriksaan penunjang, seperti laboratorium, radiologi, dan elektrokardiogram
  • Tindakan medis rutin, seperti pemberian obat-obatan, suntikan, dan infus
  • Prosedur diagnostik, seperti endoskopi dan kolonoskopi
  • Prosedur bedah minor

Bentuk dan Isi General Consent

General consent biasanya dituangkan dalam bentuk formulir yang ditandatangani oleh pasien atau keluarga pasien. General consent yang diberikan oleh tenaga kesehatan harus dibuat dengan bahasa yang lugas, jelas, dan mudah dimengerti oleh pasien maupun keluarga pasien. 

General consent kurang lebihnya mencakup data pengisian seperti identitas pasien (nama pasien, nomor rekam medis, tanggal lahir, alamat), identitas pemberi general consent (nama, alamat, nomor telp, dan tandatangan), dan tindakan medis yang akan diberikan tenaga medis kepada pasien tersebut. 

Hal yang Harus Diperhatikan 

Pemberian general consent merupakan tanggung jawab tenaga kesehatan, terutama dokter atau perawat yang akan melakukan pemeriksaan atau tindakan medis. Maka dari itu, tenaga kesehatan harus memastikan bahwa pasien atau keluarga pasien memahami isi general consent sebelum memberikan persetujuan. Di samping itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian general consent di klinik, yakni:

  • Pastikan pasien atau keluarga pasien dalam keadaan sadar dan mampu memahami informasi yang diberikan
  • Jelaskan prosedur yang akan dilakukan secara lengkap dan rinci, termasuk risiko dan manfaatnya
  • Jawab semua pertanyaan pasien atau keluarga pasien dengan sabar dan jelas
  • Berikan waktu yang cukup bagi pasien atau keluarga pasien untuk memikirkan persetujuan mereka
  • Minta pasien atau keluarga pasien untuk menandatangani formulir general consent

Melalui pemberian general consent yang tepat, pasien dapat merasa lebih aman dan nyaman saat menjalani pelayanan kesehatan di klinik. Tidak hanya pasien, tenaga kesehatan juga dapat terhindar dari risiko tuntutan hukum. 

Dapatkan General Consent Digital dengan eClinic

eClinic, Sistem Manajemen Informasi (SIM) Klinik, menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu klinik Anda beroperasi secara lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pasien. Salah satu fiturnya adalah general consent digital yang terstruktur untuk setiap pasien. Fitur ini memudahkan proses pemberian persetujuan dari pasien, sehingga tim medis Anda dapat fokus memberikan pelayanan kesehatan. Anda juga dapat melacak dan mengelola persetujuan secara mudah, sehingga Anda dapat memastikan bahwa semua tindakan medis yang dilakukan telah sesuai dengan persetujuan pasien.

eClinic merupakan penyedia sistem informasi manajemen klinik terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik Anda seperti: mendukung koneksi dengan aplikasi pasien, penggunaan rekam medis elektronik, terintegrasi dengan BPJS Kesehatan dan SATUSEHAT, serta sudah terdaftar di PSE Kominfo.

Tidak ada referensi
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!