Search
Close this search box.

Isi Konten

Sistem Rekam Medis Elektronik Terbaik untuk Klinik
Home » Bisnis » Sistem Rekam Medis Elektronik Terbaik untuk Klinik

Isi Konten

Sistem Rekam Medis Elektronik Terbaik untuk Klinik

Di era digital saat ini, klinik modern tidak hanya mengandalkan tenaga medis yang profesional, tetapi juga teknologi yang canggih untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Salah satu teknologi penting yang harus dimiliki oleh klinik modern adalah sistem rekam medis elektronik (RME).

Rekam Medis Elektronik Memiliki banyak Keuntungan bagi Klinik

Aksesibilitas data yang cepat dan efisien

RME memudahkan tenaga kesehatan untuk menyimpan dan mengakses data dan informasi pasien dengan mudah dan cepat. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi proses diagnosis dan pengambilan keputusan medis.

Koordinasi pelayanan yang lebih baik

RME mempermudah jalannya koordinasi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan karena data dan informasi pasien dapat dibagikan secara real-time. Hal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan mengurangi resiko kesalahan medis.

Keamanan data terjaga

RME dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi untuk melindungi data pribadi pasien. Data rekam medis pasien hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang untuk tujuan pelayanan medis.

Biaya lebih hemat

Implementasi RME dapat mengurangi biaya administrasi terkait dengan pengelolaan berkas medis fisik, pencetakan formulir rekam medis, dan pemeliharaan ruang penyimpanan.

Memenuhi regulasi pemerintah

Pemerintah telah mewajibkan penyelenggaraan RME sebagaimana tertuang dalam Permenkes No 24 tahun 2022. Selain itu, pada akhir tahun 2023 pemerintah mempertegas aturan melalui keluarnya Surat Edaran No HK.02.01/MENKES/1030/2023 yang menetapkan bahwa semua faskes wajib menggunakan RME dan terintegrasi dengan SATUSEHAT.

Karakteristik Sistem RME Terbaik

Dalam memilih sistem RME, ada beberapa karakteristik yang harus diperhatikan, antara lain:

Interoperabilitas data

Sistem RME yang baik harus dapat terintegrasi dengan sistem lainnya seperti laboratorium, radiologi, dan sistem lain yang dikembangkan oleh pemerintah seperti SATU SEHAT milik Kementerian kesehatan dan PCare milik BPJS Kesehatan. Integrasi data atau interoperabilitas ini menjadi suatu indikasi penting yang menunjukkan kualitas sebuah sistem rekam medis elektronik.

Keamanan data

Sistem RME harus mematuhi standar keamanan data yang tinggi untuk melindungi informasi kesehatan pasien. Sistem RME harus memiliki mekanisme enkripsi data, otentikasi pengguna, dan kontrol akses yang ketat agar dapat mencegah adanya aktivitas akses data yang tidak sah.

Aksesibilitas data

Tenaga kesehatan harus dapat dengan mudah dan cepat mengakses informasi kesehatan pasien yang diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan klinis. Hal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien.

Kelengkapan data

Sistem RME harus dapat menyimpan semua data rekam medis pasien untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada pasien. Kelengkapan data ini mencakup data diri pasien, riwayat penyakit, hasil pemeriksaan, hingga catatan pengobatan pasien.

Tampilan yang user-friendly

Tampilan dan pengalaman dalam menggunakan sistem RME harus user-friendly agar memberikan kemudahan dan kenyamanan pagi tenaga kesehatan sebagai pengguna.

 

eClinic: Pilihan RME Terbaik bagi Klinik Modern

eClinic adalah sistem rekam medis elektronik yang memenuhi semua karakteristik yang telah disebutkan di atas. eClinic juga merupakan sistem informasi manajemen klinik yang dapat membantu operasional klinik Anda dengan berbagai fitur canggih dan menarik yang dapat meningkatkan efisiensi dan pelayanan kesehatan di klinik. Berikut adalah beberapa fitur unggulan eClinic:

Rekam medis elektronik

eClinic menyediakan fitur rekam medis elektronik yang lengkap dan sesuai dengan standar. Fitur ini memudahkan tenaga kesehatan untuk menyimpan dan mengakses data dan informasi pasien dengan mudah dan cepat.

Kolaborasi tim tenaga kesehatan

eClinic menyediakan fitur kolaborasi yang memungkinkan tenaga kesehatan dari berbagai disiplin ilmu untuk berkolaborasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.

Manajemen pasien

eClinic menyediakan fitur manajemen pasien yang memudahkan klinik untuk mengelola data pasien, termasuk registrasi pasien, antrian pasien, dan jadwal kunjungan pasien.

Manajemen operasional

eClinic menyediakan fitur manajemen operasional yang memudahkan klinik untuk mengelola operasional klinik, termasuk jadwal dokter, jadwal perawat, dan stok obat.

eClinic merupakan SIM Klinik terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik Anda seperti: mendukung koneksi dengan aplikasi pasien, penggunaan rekam medis elektronik, dan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan dan SATUSEHAT. Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS.

RME adalah solusi penting bagi klinik modern untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan kesehatan. Dengan memilih sistem RME yang tepat, klinik dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada pasien.

Tidak ada referensi
- New Version -
Let's Go Akreditasi Paripurna

eClinic leap! didesain sesuai dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan standar akreditasi klinik!

Featured Post
Kembangkan Klinik Anda bersama kami.

Terbaru Versi 2.0!

Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!
Kini eClinic Hadir dengan Versi Terbaru yang Mendukung Pencapaian Akreditasi Paripurna!